Masjid H. Alisma Alius Dibangun di Nagari Batang Barus

alisma
Arosuka, SuhaNews – Peletakan batu pertama pembangun Masjid H. Alisma Alius di Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok dilakukan Sabtu (6/11) oleh Gubernur Sumbar diwakili Ahli Bidang Pembangunan dan SDM.

Masjid di pintu masuk Kabupaten Solok dari Padang ini, dibangun oleh  Keluarga Alisma Alius, perantau dari Nagari Tanjung Alai, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, yang sudah merantau ke Jakarta sejak tahun 1950-an.

Baca juga: Bangun Masjid, Warga Kampung Alai Nagari Amping Parak Gotong Royong

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid H. Alisma Alius di Nagari Batang Barus ini dihadiri oleh Komjen Pol (Purn) Drs.H.Suhardi Alius, M.H, Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan dan SDM Muh ammad Yani,S.H, Bupati Solok diwakili Pj Sekda Medison,S,Sos, M,Si., Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edy Mardianto, Kapolres Solok AKBP Apri Wibowo,  Rektor Unand Prof Yuliandri, Rektor UNP Prof Ganefri, Wali Nagari Batang Barus Syamsul Azwar, Pimpinan BUMD dan BUMN, dan undangan lainnya.

“Ibunda sayalah, yang menjadi motivasi bagi saya dalam membangun masjid ini, beliau tidak pernah lepas dari masjid, surau maupun pesantren,” ujar Komjen Pol (Purn) Drs.H.Suhardi Alius,M.H.

Suhardi Alius mengapresiasi masyarakat Nagari batang Barus yang telah menghibahkan tanah untuk pembangunan masjid ini, dan ucapan terimakasih kepada Pemda dan Polres Solok yang telah membantu terealisasinya proses peletakan batu pertama pembangunan masjid ini.

“Ibunda saya wafat satu tahun yang lalu sedangkan ayah saya meninggal 25 tahun yang lalu,” ujar Suhardi Alius.

Lokasi pembangunan masjid ini, jelaas Suhardi Alius adalah tempat yang sering kita lalui ketika akan pulang kampung. Semoga masjid ini bermanfaat untuk masyarakat di sni maupun masyarakat yang melintas di jalur ini.

BACA JUGA  Zona Orange, Pemko Bukittinggi Belum Tutup Objek Wisata

Masjid ini, jelas Suhardi Alius, juga akan dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainya seperti tempat mengaji, tempat bermain anak-anak, serta tempat parkir roda dua dan roda empat.

“Atas nama masyarakat Nagari Batang Barus. kami mengucapakan terimakasih kepada Komjen Pol (Purn) Drs.H.Suardi Alius dan Keluarga yang membangun masjid di jorong Lubuak Selasiah ini,” ujar Wali Nagari Batang Barus.

Bupati Solok diwakili Pj Sekda Medison juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komjen Pol Purn Drs.H. Suhardi Alius dan keluarga yang telah berinisiatif membangun masjid di Kabupaten Solok khususnya di jorong Lubuak Selasiah, Nagari Batang Barus.

“Pembangunan masjid ini merupakan masjid yang ke-334 di Kabupaten Solok,” jelas Medison.

“Semoga semakin banyak lagi tokoh-tokoh Kabupaten Solok yang sukses di rantau untuk membangun kampung halaman,” tambah Medison.

Rektor UNP Ganefri merasa tersentuh melihat kecintaan seorang anak terhadap orang tuanya. Suardi Alius.jelas Prof. Ganefri, telah banyak memberikan masukan dan membantu Unand maupun UNP.

“Bagi kami, beliau bukan hanya sekedar teman tetapi juga sebagai panutan,” jelas Ganefri.

Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan SDM dan Kemasyarakatan Muhammad Yani, menyampaikan permohonan maaf dari Gubernur Sumbar karena tidak bisa hadir karena ada kunjungan kerja ke Dumai, Provinsi Riau.

alisma“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, Kami mengucapkan terimakasih kepada keluarga Suardi Alius yang membangun masjid di pintu masuk Kabupaten Solok,” ujar Muhammad Yani.

Ini merupakan salah satu upaya perwujudan dari adat basandi sarak sarak basandi kitabullah. Di samping menjadi tempat ibadah mesjid juga bisa digunakan untuk tempat pertemuan menjalin silaturahmi, dan menjadi tempat bermusyawarah.

“Semoga itu menjadi amal ibadah bagi keluarga Suhardi Alius, terutama bagi ibunda tercinta Hj. Alisma Alius,” harap Muhammad Yani. (Wewe)

BACA JUGA  MAN 2 Solok Matangkan Persiapan Ujian Madrasah

Baca juga: Bangun Masjid An Nur Bateh Gadang, Bupati Agam Letakkan Batu Pertama

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKadis Dikpora Tutup Bimtek Peningkatan Kompetensi Kepala SMP
Artikel berikutnyaBundo Kanduang KBRC Riau Silaturrahmi di Kaum Datuak Pamuncak Banda Baru.