MDTA Miftahul Jannah Parak Gadang Salayo Gelar Khatam Ke-VII

SuhaNews — MDTA miftahul Jannah Masjid Jihad Parak Gadang jorong batu Palano Salayo kecamatan kubung Kabupaten Solok Gelar khatam AL-QURAN, wisuda tahfidz dan wisuda Iqra’ ke 7 Ahad 3 Juli 2022 .

Serangkaian kegiatan Khatam ini di mulai Sabtu pagi 2 Juli 2022 dengan pemotongan kambing sekaligus sidang Munaqasah bagi peserta khatam dan Wisuda dan di tutup dengan pawai ta’aruf ahad pagi.

Pawai ta’aruf yang langsung di lepas oleh Wali Nagari salayo dan anggota DPRD kabupaten Solok Sutan M Bahri serta di Dampingi oleh Anggota BPN Nagari Selayo Hariadi.

Selama pawai ta’aruf berlangsung di sepanjang jalan Parak Gadang – tanah garam di penuhi oleh masyarakat yang antusias menyaksikan Pawai ta’aruf yang di barisan depan langsung di pimpin oleh Anggota DPRD kabupaten Solok dan Wali Nagari Salayo .

MDTA Miftahul Jannah Parak Gadang Salayo Gelar Khatam Ke-VII 1

Khatam ke – 7 MDTA miftahul Jannah tahun ini di hadiri oleh Bupati Solok, Camat kubung, kakankemenag kabupaten Solok, KAN Salayo, BPN Salayo, Wali nagari Salayo,Babinsa,babinkhatbmas ,ibu-ibu PKK Nagari Salayo serta Tokoh masyarakat Jorong batu Palano.

Kepala MDTA miftahul Jannah Yuldafriyenti, Sos, I.M.Pd dalam laporannya menyampaikan bahwa untuk tahun ini MDTA miftahul Jannah mewisuda 60 orang teridiri dari 6 peserta khatam, 25 wisuda Tahfidz juz 1 , 18 orang juz 2 dan 12 orang wisuda iqra’.

Yul menyebutkan bahwasanya pada Khatam ke 7 ini dalam masa transisi program baru MDTA, yang biasanya di wisuda di kelas 4 MDTA namuh hari ini sebelum menyelesaikan kelas 6 belum bisa di Khatam.

” Hal ini segaja di cetus agar anak- anak jorong batu Palano tidak lupa akan membaca Al-Quran, pelajaran sebelumnya setelah di khatam kelas 4 MDTA anak-anak kita di jorong batu Palano tidak mau ke masjid dan tidak mau lagi membaca alquran ” Ungkap yul

BACA JUGA  Hadiri Wisuda Universitas Fort De Kock Bukittinggi, Wawako Solok Beri Motivasi pada Wisudawan

Kepala MDTA menyebutkan bahwasanya hal ini bertujuan untuk membentengi anak-anak di jorong batu Palano dari pengaruh buruk yang sangat membahayakan dirinya dan sejak dini harus kita bentengi bersama dengan menyibukkan mereka dengan berbagai aktifitas di masjid seperti mengaji dan bersilat.

Wali Nagari Salayo Ronal Reagan, ST Dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Masjid jihad Parak Gadang khususnya MDTA miftahul jannah yang telah menyemarakkan kegiatan Keagamaan di Nagari Salayo.

Selain itu Wali Nagari Salayo menyatakan siap mendukung setiap kegiatan Keagamaan yang yang di helat oleh jorong- jorong yang ada di Nagari Salayo.

” Terimakasih kepada kepala jorong yang ada di Nagari salayo yang telah mendukung setiap program-program keagamaan di Nagari salayo” Ungkap Ronal

MDTA Miftahul Jannah Parak Gadang Salayo Gelar Khatam Ke-VII 2

Dipenghujung pembicaraan Ronal menyebutkan bahwa Nagari Salayo bertekad untuk menjadi juara umum pada MTQN Tingkat kecamatan untuk tahun berikutnya.

Bupati Solok yang diwakili oleh kabag kesra dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi kepada MDTA Miftahul Jannah yang telah mengangkat acara khatam alquran dan menyampaikan selamat kepada Peserta khatam dan wisuda tahfidz .

Kabagkesra menyebutkan bahwa kegiatan atau program yang di usung oleh MDTA Miftahul Jannah adalah program yang sesuai dengan visi misi bupati Solok mambangkik batang tarandam dengan kembali menghidupkan surau dengan program mengaji , basilek, seni dan juga belajar pidato adat .

Di penghujung pembicaraan Bupati Solok menyampaikan apresiasi kepada wali Nagari Salayo yang telah mendukung dan mensupport kegiatan keagamaan di Nagari Salayo.

MDTA Miftahul Jannah Parak Gadang Salayo Gelar Khatam Ke-VII 3

Kakankemenag yang di wakili oleh bapak KUA kubung Almaturidi, M. Pd dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf bapak kakankemenag yang sejatinya akan hadir namun kakankemenag dalam perjalanan dinas luar.

Selain itu kakankemenag juga menyampaikan selamat kepada peserta wisuda dan khatam alquran dan menyampaikan apresiasi kepada MDTA miftahul Jannah masjid jihad Parak Gadang yang terus berinovasi untuk anak-anak di jorong batu Palano .

BACA JUGA  Buka TMMD ke-115, Gubernur Sumbar: TMMD Perkuat Hubungan TNI dan Rakyat

MDTA Miftahul Jannah Parak Gadang Salayo Gelar Khatam Ke-VII 4

“Inovasi yang di cetus MDTA miftahul Jannah masjid jihad hari ini adalah jawaban dari permasalahan yang ada di kecamatan kubung khususnya tentang permasalahan anak-anak yang di khatam alquran namun tidak bisa mengaji saat melakukan tes masuk SMP. Pondok atau sederajat” Ungkap Almaturidi.

Dipenghujung pembicaraan kakankemenag juga memberikan apresiasi kepada Wali Nagari Salayo yang telah mendukung dan mensupport kegiatan keagamaan di Nagari Salayo, karna suport itulah dalam 1 bulan ini sudah 3 jorong yang di penuhi undangan nya . Tutup Almaturidi. Lim

Baca juga:

 

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKabar Tanah Suci, Layanan Makan Jamaah Haji di Makkah Terhenti pada 6 Juli 2022
Artikulli tjetërAntrian BBM Subsidi Mengular, Polsek Lembah Gumanti Patroli ke SPBU