MUI Kab. Solok Gelar Kegiatan Pembinaan Ketahanan Keluarga

47
mui
Koto Baru, SuhaNews. Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Solok menggelar pembinaan keluarga bagi 80 Mubaligh di Kab. Solok. Acara sehari ini bertempat di ruang pertemuan Islamic Center Koto Baru, Rabu (14/10).
Acara ini dibuka oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok Drs. H. Alzar, M.Ag yang didampingi oleh Sektretaris MUI Kab. Solok H. Elyunus, Ketua DMI Kab. Solok H. Syamsir.

Ketua MUI Kab. Solok yang diwaliki oleh sekretaris, H. Elyunus menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mewujudkan keluarga sakinah direngah masyarakat Kab. Solok dengan melibatkan dan meningkatkan peran mubaligh.

MUI berharap dengan majelis, tausiah dan ceramah yang disampaikan oleh para mubaligh, masyarakat paham dan menerima bahwa salah satu faktor adanya keluarga sejahtera datang dari keluarg sakinah.

Diakhir laporannya, H. Elyunus menyampaikan untuk tahap ini acara ni diikuti oleh 80 mubaligh se Kab. Solok yang diharapkan nantinya menyebarkan materi ini pada seluruh mabligh agar dapat sampai ke masyarakat.

Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa mubaligh berperan dalam menciptakan keluarga sakinah melalui dakwah dan tausiah yang membahas sikap, sifat dan tindakan anggota keluarga, dengan menyampaikan dalil-dalil sebagai referensinya.

H. Alizar menyebut, salah satu kata kunci dalam keluarga sakinah adalanya kehidupan religi dengan amalan-amalan syariat oleh semua anggota keluarga.

“Untuk itu mubaligh mengajak dan mendorong setiap keluarga rumahnya dihiasi dengan bacan Al Qur’an dan diwarnai dengan shalat berjamaah yang dipimpin oleh kepala keluarga,” sebut H. Alizar.

H. Alizar yang juga sekligua pemateri menybut, bahwa ketahanan keluarga tak cuma hanya dibidang sandang pangan saja. Akan tetapi ketahanan dibidang rohani juga salah satu kunci keluarga sejahtera.

“Untuk menciptakan ketahanan keluarga dibidang rohani inilah peran mubaligh diperlukan,” sebut H. Alizar.

Untuk ia berharap,s elain menerima materi dari para narasumber kegiatan ini, peserta juga mengambangkan dan menambah ilmu tentang ketahanan keluarga ini nantinya untuk disampaikan ke msyarakat.

mui

Selain Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok. narasumber kegiatan ini disampaikan oleh dr. Sutri Haryani, M.Kes yang membahas tentang perkembangan dan tinjauan kesehatan anak dalam mewujudkan ketahanan keluarga.

Kemudian Editiawarman, S.Pd (Konsultan Keluarga) yang menyampaikan tentang komunikasi suami istri menuju ketahanan keluarga.

Dari MUi sendiri menyampaikan materi tentang peranan pemangku kebijakan dalam penguatan ketahanan keluarga. Sedangkan pemateri dari BAZNAS membahas kiat pembiasaan infaq dan shadaqah bagi anak sejak dini. Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...