Nagari Balingka Batagak Panghulu, Sejumlah Pejabat Hadir

nagari
Balingka, SuhaNews – Nagari Balingka, Kecamatan IV Koto.kabupaten Agam menggelar acara batagak gala untuk sembilan orang penghulu,Sabtu (30/7).

Acara batagak gala ini dihadiri olej Bupati Agam Dr H Andri Warman, MM Bersama Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy Dt Bandaro Basa, S.I.P, M.H, Kadis Kearsipan Prov. Sumatera Barat, Drs H Novrial, SE. MA. AK. Dt Rajo Mangkoto.

Baca juga: Wakil Bupati Agam Hadiri Batagak Gala Dt Basa di Manggopoh

Kemudian Ketua DPRD dan Anggota DPRD Agam, Camat IV Koto Ricky Eka Putra, Wali Nagari Balingka, Armen, Ketua LKAAM, Agam H Junaidi Dt Gampo Alam Nan Hitam dan seluruh Niniak Mamak Nagari Balingka.

Peresmian Batagak Pangulu tersebut ditandai dengan penyelipan Keris oleh Ketua LKAAM, H Junaidi Dt Gampo Alam Nan Hitam kepada para ninik mamak tersebut.

Kegiatan Batagak Pangulu Nagari Balingka ini diikuti oleh  9 orang Datuak yaitu, Hendri Dt Marajo dari Suku Chaniago Jorong Subarang, Irman Dt Sinaro dari Suku Pili Jorong Subarang, Romi yunas Dt Rajo Palembang dari Suku Sikumbang Jorong Pahambatan.

Selanjutnya, Ade Rahmat Dt Panduko Sinaro dari Suku Caniago Jorong Koto Hilalang, Hendri Dt Rangkayo Mulia dari Suku Koto Jorong Koto Hilalang, Hafiz Dharma Dt Pangulu Kayo Nan Kuniang dari Suku Koto Jorong Koto Hilalang.

Kemudian, Asri Dt Rajo Malintang, SKM, dari Suku Koto Pahambatan, Prof Edy R Rasyid Dt Rajo Bandaro, dari Suku Pili Jorong Pahambatan, dan Isra Dt Bagindo Rajo dari Suku Sikumbang Jorong Pahambatan.

“Batagak pangulu merupakan upacara adat Minangkabau dalam rangka meresmikan seseorang menjadi penghulu,” ujar Bupati Agam Andri Warman.

Bupati berharap Niniak Mamak dapat mengayomi dan mengajarkan kepada anak kemenakan tentang adat istiadat yang ada di minangkabau.

BACA JUGA  81 Penghulu Dilingkup Kanwil Kemenag Sumbar Ikuti Uji Kompetensi

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan Batagak Pangulu ini turut sejalan dengan visi misi Pemda Kabupaten Agam yaitu memperkental adat istiadat yang ada di Kabupaten Agam.

“Kami berharap Niniak mamak dan Pemda Kabupaten Agam dapat bersinergi untuk mewujudkan Agam yang berpegang kepada, Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah,”  tambah Andri Warman. (AMC/Wewe)

Baca juga: 81 Penghulu Dilingkup Kanwil Kemenag Sumbar Ikuti Uji Kompetensi

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakDinas Dikbud Pesisir Selatan Targetkan Sekolah Memiliki Prestasi Nasional
Artikulli tjetërBKMT Kecamatan Koto VII, Sijunjung Lakukan Dakwah Wisata ke Siak