Pelatihan Menjahit, Pemko Sawahlunto Lakukan Kerjasama dengan PT. Asiaco Batamindo

menjahit
Sawahlunto, SuhaNews – Pemerintah Kota Sawahlunto bekerjasama dengan perusahaan konveksi PT. Asiaco Batamindo melaksanakan pelatihan menjahit untuk ibu-ibu rumah tangga, selam sebulan, Rabu, 24 November sampai dengan Selasa 28 Desember 2021.

“Pelatihan menjahit pakaian seragam kerja perusahaan itu diikuti oleh 15 orang dengan tiga orang instruktur,” ujar Kepala Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP-Naker) Kota Sawahlunto, Dwi Darmawati, di Balai Latihan Kerja (BLK) Sawah Rasau, Kamis 02 Desember 2021.

Baca juga: Perempuan Nagari Panyakalan Ikuti Pelatihan dan Penyuluhan

Sebelumnya, jelas Dwi Darmawati, dari awal tahun sudah dilakukan pelatihan menjahit ini langsung di desa dan kelurahan yang mendukung dengan menyediakan mesin jahit. Yaitu desa-desa di Kecamatan Talawi dan Kecamatan Barangin, kemudian di seluruh kelurahan,” kata Dwi Darmawati.

“Setiap desa dan kelurahan menyediakan 10 unit mesin jahit, yang ditambah dengan satu unit mesin obras/desa dan kelurahan dari bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tambang di Sawahlunto,” jelas Dwi Darmawati.

Kabid Tenaga Kerja DPMTSP-Naker Indra Syamsi, menyebut bahwa sejak pelatihan menjahit gelombang pertama sampai sekarang peserta yang masih aktif tercatat kurang lebih 56 orang.

“Sistem kerjasama dengan PT. Asiaco Batamindo yakni peserta hanya menjahit kain yang sudah disediakan pihak perusahaan, setelah selesai dijahit kemudian perusahaan membeli pakaian tersebut,” jelas Indra Syamsi.

Jadi, jelasnya, ini memang cocok sekali bagi ibu-ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang di rumah. Sambil mengurus rumah dan keluarga, juga bisa mendapat penghasilan tambahan,” kata Indra Syamsi.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengatakan Pemkot berkomitmen mendukung peningkatan perekonomian masyarakat, salah satunya diterjemahkan melalui pelatihan-pelatihan dalam meningkatkan skill (kemampuan/kompetensi) kerja.

BACA JUGA  DPRD Sumbar Tetapkan KUA-PPAS 2021

“Untuk pelatihan menjahit ini, memang sasaran kita adalah ibu rumah tangga yang ingin bekerja dari rumah. Sementara paket pelatihan lain, kita menyediakan beragam pilihan yang dipusatkan pada Balai Latihan Kerja (BLK) antara lain mekanik sepeda motor, cabinet making, las, tata boga dan auto cad (aplikasi untuk membuat gambar dua dan tiga dimensi),” ujar Wali Kota. (*)

Baca juga: Dibuka Bupati Agam, Bamus se-Ampek Angkek Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaBupati Andri Warman: Penyuluh Pertanian Agar Selalu Berinovasi
Artikel berikutnyaTerjerat Pinjol, ART Nekad Curi Perhiasan Majikan