Perempuan Nagari Panyakalan Ikuti Pelatihan dan Penyuluhan

Perempuan Nagari Panyakalan Ikuti Pelatihan dan Penyuluhan
Panyakalan, SuhaNews – Wali Nagari Panyakalan kecamatan Kubung kabupaten Solok, Agus Evatra Dt Bandaro Kayo membuka acara Pelatihan dan Penyuluhan Perempuan Rabu ( 1/12 ) bertempat di aula kantor Wali Nagari Panyakalan.

Dalam sambutannya Wali Nagari menyampaikan agar peserta bisa mengikuti acara serta menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber sebaik baiknya, dalam rangka peningkatan kapasitas sebagai seorang perempuan.

Perempuan merupakan madrasah pertama bagi seorang anak, untuk itu dituntut peran seorang ibu agar bisa menyiapkan generasi masa depan yang kuat iman dalam menghadapi arus globalisasi.

Ditambahkannya ditengah modernisasi persamaan gender seorang perempuan tetaplah memiliki peran tersendiri yang tidak akan sama dengan seorang laki laki.

Pelatihan dan Penyuluhan yang di gelar selama 3 hari tersebut menghadirkan beberapa orang narasumber baik petugas kesehatan, pengurus PKK Kecamatan dan Kabupaten.

Pada hari pertama sebagai pembicara ketua TP PKK Kecamatan Kubung Ny. Novia Linda Sujianto,dihadapan peserta yang terdiri dari para kader posyandu,kader BKB,kader KB dan pengurus PKK, memaparkan tugas dan fungsi dari kader posyandu.diantaranya bagaimana mengukur tinggi bayi dan balita,cara menidurkan anak atau yang biasa didaerah minang kabau disebut dengan “manjujai”.

Manjujai merupakan bentuk stimulasi berupa nyanyian, syair, atau kata kata dengan nilai-nilai kebaikan. Pemberian stimulasi menjadi faktor penting dalam mencapai perkembangan anak usia dini secara optimal sesuai dengan tahapan usia.

Ny. Novia Linda juga mengajak peserta mempraktekkan cara manjujai anak.

“Sebagai seorang kader posyandu ibu ibu harus bisa bagaimana cara manjujai anak, agar bisa mengedukasi para ibu ibu muda menjaga dalam kearifan lokal menidurkan anak serta menerapkan pola asuh balita melalui nyanyian dan sholawat.” ujar Novia Linda. Oca | Moentjak

BACA JUGA  Fakhrizal Mendaftar Sebagai Bacagub, Mualim Tanpa PDIP

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaRusman Edi, Penyuluh Agama Bukittinggi Juara 2 Nasional
Artikel berikutnyaPabrik furniture, Pemerintahan Nagari Lakitan Salurkan Bantuan