Pembagian BLT di Lubuk Basung Diwarnai Aksi Protes Warga

463
lubuk
SuhaNews. Ratusan warga dari rukun keluarga (RK) II Monggong dan RK I Surabayo nagari persiapan Surabayo melakukan aksi protes ke kantor wali nagari Lubuk Basung Kab. Agam, Senin (11/5). Protes ini terkait pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pemprov Sumbar.

Dilansir oleh Topsatu.com, warga menyampaikan aspirasi yang berisikan bahwa data yang dikirim pilih kasih, usulan penerima bantuan tersebut hanya para kerabat para pejabat dinagari tersebut saja.

Salah satunya, Ketua RK sendiri malah mendapat BLT tersebut. Padahal ia tergolong mampu dibandingkan warga yang tidak menerima bantuan.

Untuk itu masyarakat mendesak agar Walinagari menon aktifkan ketua RK tersebut.

Baca Juga : Langgar Aturan PSBB, 116 Warga Agam Diamankan ke Mako Polres

Camat Lubuk Basung Harmezi, dan Walinagari Lubuk Basung Darma Ira Putra mencoba mendinginkan suasana, meminta 8 orang utusan untuk diajak berdialog dan ditampung aspirasinya.

Namun tawaran ini ditolak warga dengan alasan, yang dibutuhkan adalah keadilan dalam pembagian BLT. “pejabat kampung dan keluarganya dapat, yang simiskin tidak dapat,” sebut salah satu warga.

“Yang penting bagi kami adalah menerima bantuan bukan dialog”, kata Yulifetri salah satu warga juga penyandang disabilitas, tapi tidak mendapat bantuan tahap ini.

Camat Lubuk Basung Harmezi dan Wali Nagari Lubuk Basung Darma Ira Putra, menyebut masih ada bantuan.

“Masih ada dana bantuan dari Kementerian Sosial RI, dan dari Pemerintah Kabupaten Agam. Nantinya bantuan melalui anggaran nagari. Kini, datanya sedang diinput,” ujar Camat Harmezi dohadapan warga.

editor : Moentjak sumber : Topsatu.com

Baca Juga :

 

Facebook Comments

loading...