Persatuan Dokter Gigi Indonesia Gelar Bakti Sosial di Kota Pariaman

dokter
Pariaman, SUhaNews – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggelar acara Bakti Sosial Nasional PDGI Kota Pariaman/Kabupaten Padang Pariaman, Sabtu (18/7) di Pantai Gandoriah Kota Pariaman. 

Kegiatan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-20 Kota Pariaman, Hari Kesehatan Gigi Nasional, dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2022 Tingkat Kota Pariaman.

Baca juga: Hari Bhayangkara ke 76, Polsek Danau Kembar Bakti Sosial Religi di Musala Al Kautsar

Acara yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman Genius Umar diwakili oleh Yota Balad, juga dihadiri oleh Asisten II Elvis Chandra, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Forkopimda, Ketua DWP Kota Pariaman Ny.Yosneli Balad, Camat Pariaman Tengah, Lurah Kelurahan Pasir, Kepala OPD, Pengurus Cabang PDGI Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

“Kegiatan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ini sangat bermanfaat bagi Kota Pariaman, dan Kabupaten Padang Pariaman, terutama untuk mengedukasi anak-anak, mulai dari anak usia dini sampai anak-anak tingkat sekolah dasar,” ujar Yota Balad, Sekretaris Daerah Kota Pariaman.

Anak akan mengetahui bagaimana cara merawat gigi itu dengan baik, karena salah satu sumber kesehatan itu juga ada pada kesehatan gigi. Jika gigi kita bermasalah, maka semua tubuh juga akan jadi bermasalah.

“Kegiatan Baksos ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dari keluarga besar PDGI untuk melakukan perubahan menuju organisasi profesi yang lebih peduli terhadap sesama, khususnya kepada anak-anak,” tambah Yota Balad.

Yota Balad menjelaskan bahwa, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan cara yang tepat, untuk mengubah perilaku hidup yang tidak sehat, serta dapat membantu dalam masalah perawatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah.

“Dengan adanya penyuluhan tersebut, bisa memberikan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut serta memberikan motivasi kepada masyarakat tentang merawat dan memelihara kesehatan gigi dan mulut, di samping sebagai upaya promotif dan preventif bagi masyarakat yang terkena maupun yang belum”, terangnya.

BACA JUGA  Walikota Deri Asta: Pengembangan Wisata Puncak Sati Libatkan Pokdarwis

Beliau juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas nama pemerintah Kota Pariaman, atas sumbangsih dan kepedulian yang telah diwujudkan oleh PDGI kepada masyarakat Kota Pariaman, karena pemerintah Kota Pariaman juga sangat peduli dengan kesehatan gigi masyarakatnya.

Yota Balad berharap kedepannya Dinas Kesehatan Kota Pariaman dan PDGI melakukan kerjasama, untuk melakukan kegiatan rutin seperti ini ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman, untuk memberikan penyuluhan atau edukasi kesehatan gigi pada anak-anak, karena gigi juga merupakan salah satu organ tubuh yang sentral untuk bagi kesehatan tubuh.

Ketua Panitia Kegiatan PDGI Naima Hayati mengatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh dokter gigi sebanyak 264 orang, yang berasal dari Sumatera bagian tengah, diantaranya dari Provinsi Sumatera Barat 159 orang, Riau 15 orang, Kepulauan Riau 17 orang, Jambi 21 orang, dan Kota Pariaman serta Kabupaten Padang Pariaman selaku tuan rumah sebanyak 58 orang.

Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah murid-murid SD se Kecamatan Pariaman Tengah yang diwakili masing-masing SD sebanyak 10 orang murid yang tergabung sebagai dokter kecil yang akan melakukan aksi gosok gigi massal dan diberikan pelayanan kesehatan gigi berupa pencabutan gigi susu, dan penambalan gigi.

Selain itu para dokter cilik juga akan mengikuti lomba penyuluhan gigi antarsekolah dengan tema “Gigiku bersih, Sehat, Berkilau, Menentukan Masa Depanku”. (tachi)

Baca juga: Pengurus PMI Kabupaten Solok Masa Bakti 2022-2027 Dikukuhkan

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKementerian Agama Kembali Cairkan Dana BOS 2022 sebesar 2,5 Triliun
Artikulli tjetërHaarlah ke 24, PBB Kota Padang Panjang Gelar Diskusi Politik