Pertemuan Bulanan, PKK Panyakalan Hadirkan YSKI

pkk
Panyakalan, SuhaNews. Jum’at (21/8) TPPKK Nagari Panyakalan dalam pertemuan rutin bulanan memberikan penyuluhan kepada kader PKK Nagari Panyakalan mengenai panyakit kanker, tumor, dan kista, dengan menghadirkan langsung narasumber dari YSKI ( Yayasan Sosialasi Kanker Indonesia ).
Acara dibuka oleh ketua TPPKK Nagari Panyakalan Ny. Neli zuarni Agus Evatra. Dalam sambutannya Ny. Neli berharap seluruh kader PKK Nagari Panyakalan bisa ikut berperan aktif dalam mendukung program pembangunan di nagari, kepada ketua PKK jorong diharapkan juga bisa berperan aktif melaksanakan kegiatan di jorong masing masing misalnya melalui kegiatan Dasa Wisma akan memupuk semangat gotong royong di tengah masyarakat.

Konsultan dari Yayasan Sosialisasi Kanker Indonesia Erlanda Sukria dalam paparannya mengatakan saat ini Data dari berbagai Rumah Sakit menunjukkan bahwa pasien yang datang berobat rata-rata sudah mencapai stadium lanjut, hal ini diakibatkan oleh minimnya informasi yang diterima oleh masyarakat .

Untuk itu, guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya Kanker dan Tumor YSKI gencar melakukan sosialisai tentang pengertian kanker dan tumor, faktor pemicu terjadinya kanker dan tumor, bagaimana cara mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker pada prostat dan kanker rahim yaitu kanker serviks, kanker endometrium, dan kanker ovarium.

“Bagaimana cara mengenali dan mendeteksi gejala awal kanker payudara, serta cara sehat dan hemat untuk menghindari diri dari kanker dan tumor,” ujar Erlanda

Selain itu YSKI yang diresmikan pada tahun 2015 ini dan memiliki kantor Pusat di medan serta sudah memiliki cabang di seluruh wilayah Indonesia juga membantu penderita kanker stadium lanjut dari kalangan masyarakat kurang mampu berupa bantuan biaya pengobatan.

Menurut Erlanda untuk mendapatkan bantuan tersebut pasien harus memiliki surat pengantar dari Nagari.

Selain itu dari YSKI juga membantu masyarakat yang ingin mendapatkan bibit tanaman obat kanker dan tumor secara gratis seperti temu putih, masyarakat cukup datang saja ke kantor wilayah YSKI di Kota Padang atau kantor cabang di Kota Bukit Tinggi.

reporter : Oca editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...