Polres Pessel Tangkap Truk Penyelundup 8 Ton Solar di Muaro Sakai

Polres Pessel Tangkap Truk Penyelundup 8 Ton Solar di Muaro Sakai
SuhaNews – Dalam rangka mencegah kelangkaan BBM (Bahan Bakar Minyak) di wilayah hukum Polres Pesisir Selatan (Pessel) Tim Opsnal “Macan Kumbang” Sat Reskrim Polres Pesisir Selatan berhasil mengamankan 1 (Satu) Unit Mobil Dump Truk Merk Hino Dutro yang diduga membawa bahan bakar jenis Solar dapat diduga melanggar Tindak Pidana Minyak dan Gas Bumi. Sabtu 12 Maret 2022.

Tim Opsnal Macan Kumbang Sat Reskrim Polres Pessel yang di pimpin AIPDA Yandri Martin dan anggotanya mengamankannya Jum’at 11 Maret 2022 sekitar pukul 19.30 Wib bertempat di Jalan Raya Tapan – Kerinci Kenagarian Muaro Sako Kec. Rahul Tapan Kab. Pesisir Selatan.

Penangkapan bermula dari informasi masyarakat kata Kasat Reskrim AKP Hendra Yose, SH, M.H adanya orang yang menguasai, memiliki, mengangkut atau membawa bahan bakar jenis dengan menggunakan 1 (Satu) Unit Mobil Dump Truck Merk Hino Dutro warna Hijau Nomor Polisi B 9031 PYW dari Tapan menuju Kab. Kerinci.

Berdasarkan informasi tersebut Tim Opsnal Macan Kumbang dibawah pimpinan AIPDA YANDRI MARTIN yang sedang melakukan patroli arah selatan Kabupaten Pessel menyusuri jalan raya Tapan akhirnya menemukan mobil Dump Truk tersebut.

Tim melakukan penyetopan terhadap mobil yang dicurigai dan menanyakan muatan yang dibawa sangat sopir yang bernama Inisial FH (26) domisili Pasar Sarolangun Kec. Sarolangun Kab. Sarolangun Provinsi Jambi dan Kernetnya A (24) domisili yang sama mengatakan bahwa yang dibawa adalah BBM jenis Solar dengan mempergunakan galon dan tedmond.

Selanjutnya Tim menanyakan dokumen dalam hal membawa kepada kedua orang dimaksud namun keduanya tidak bisa memperlihatkan terkait dokumennya atau legalitasnya hingga mobil beserta barang bukti diamankan ke Mapolres Pessel guna proses hukum selanjutnya.

BACA JUGA  Jembatan Putus dan Irigasi Rusak di Kab. Solok Akibat Curah hujan Tinggi

Kasat Reskrim AKP Hendra Yose, SH, M.H mengutarakan pelaku diduga sebagai pemilik memperolehnya dengan membelinya langsung dari SPBU Silaut Kab. Pessel.

Sekarang ini untuk permintaan keterangan lebih lanjut terhadap pemilik solar dan sopir beserta BB dibawa ke Polres Pesisir Selatan untuk proses selanjutnya.

Barang Bukti yang diamankan polisi antara lain, 1 (satu) Unit Mobil Dump Truck Merk Hino Dutro Warna Hijau Nomor Polisi B 9031 PYW beserta STNK dan Kunci Kontak, bermuatan solar diperkirakan sebanyak 8 Ton.

Kasat Reskrim menambahkan pelaku yang jelas akan kami jerat dalam Hal Mengangkut, Memiliki, Menguasai atau Meniagakan BBM Jenis Solar yang disubsidi pemerintah tanpa dilengkapi Dokumen Surat Keterangan Sahnya sebagaimana Pasal 53 Jo Pasal 55 UU 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi Jo Pasal 55 KUHPidana.

Ancaman hukumannya bisa dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling tinggi Rp60.000.000.000,00 (enam puluh miliar rupiah) dan akan kita lihat nanti hasil lengkap pemeriksannya, tegas Kasat Reskrim. Rel

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWali Kota Hendri Septa Luncurkan Tagline “Padang Kota Tercinta”
Artikulli tjetërRichi Aprian Apresiasi BPR Baleriong Bunta Dukung Visi Pemkab Tanah Datar 2021-2026