Sebanyak 20.574 Keluarga Terima Bantuan Program Sembako

Sebanyak 20.574 Keluarga Terima Bantuan Program Sembako
Sambutan Bupati Solok
Arosuka, SuhaNews – Pada tahun 2020 ini, sebanyak 20.574 keluarga di Kabupaten Solok akan menerima bantuan program sembako dari pemerintah. Penyaluran bantuan ini diharapkan tepat sasaran, sehingga dirasakan manfaatnya.

“Diharapkan ada kesamaan persepsi di semua lini dalam penyaluran bantuan keluarga ini,” jelas Kepala Dinas Sosial, Yandra dalam sosialisasi program sembako tahun 2020, Kamis (13/2) di  ruang Solok Nan Indah Arosuka.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, jelas Yandra, bisa terwujud komitmen bersama untuk mensukseskan pelaksanaan program sembako. Program bantuan sembako untuk keluarga ini merupakan pengembangan dari bantuan pangan non tunai (BPNT). Ada penambahan nilai bantuan dan jenis bahan pangan. Indeks bantuan yang semula berjumlah Rp110.000/KPM/bulan naik menjadi Rp.150.000/KPM/bulan.

Sosialiasi Program Sembako keluarga tahun 2020 ini dihadiri oleh Bupati Solok H. Gusmal, Dt. Rajo Lelo, Kadis Sosial Yandra, Kabid Sosial Sumbar Suyanto, Kepala Cabang BRI Solok Gogma  Dame Hutagaol, Kepala OPD, Camat  dan Walinagari se-Kabupaten Solok, dan undangan lainnya.

Bupati Solok Gusmal memberikan apresiasi atas terlaksanaya kegiatan sosialisasi program sembako tahun 2020.  Program sembako merupakan pengembangan dari bantuan pangan non tunai (BPNT) dengan penambahan nilai bantuan dan jenis bahan pangan. dengan program sembako.

“Program sembako memperluas jenis komoditas yang dapat dibeli di E-Warong,” jelas Gusmal.

Kalau selama ini hanya beras, sekarang bisa jagung piupilan dan sagu. Sumber protein hewani telur, ayam, ikan dan daging. sumber protein nabati: kacangan termasuk tahu tempe. sumber vitamin dan mineral : sayur sayuran, buah buahan.

“Bantuan ini tidak bisa digunakan untuk pembelian pulsa dan rokok,” tegas Gusmal.

Di samping itu, juga tidak bisa digunakan untuk pembelian minyak, tepung, gula pasir, dan mie instan. Karena itulah semua pihak termasuk penerima bantuan sembako diharapkan bisa memanfaatkan bantuan tersebut sesuai dcngan peruntukannya.

BACA JUGA  Sambut HUT Bhayangkara ke-74, Kapolsek Hiliran Gumanti Berbagi Sembako

Pemerintah melaui dinas terkait, jelas Gusmal, berharap penyaluran bantuan tepat sasaran. Bantuan tersebut betul-betul diterima oleh masarakat yang membutuhkan. Hal ini tidak terlepas dengan up date data.

“Keberhasilan program ini tergantung dari valid atau tidaknya data,” jelas Gusmal.

Karena itu, tambah Gusmal,  pengolahan data merupakan hal yang krusial. Data menjadi kunci yang tidak bisa ditawar-tawar. Dinas Sosial harus sesegera mungkin melaksanakan verifikasi  dan validasi data. Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...