Sebelum Layani Jamaah, Petugas Embarkasi Padang Ikuti Swab Antigen

Sebelum Layani Jamaah, Petugas Embarkasi Padang Ikuti Swab Antigen
Padang, SuhaNews – Sebelum menyambut dan melayani jamaah haji, seluruh Petugas Penyelenggraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang melakukan swab antigen di Ruang Pemeriksaan Kesehatan Embarkasi, Jumat, (3/6).

Menurut Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat, Helmi mengatakan swab ini dilakukan sebagai salah upaya Petugas Embarkasi memberikan perlindungan kepada jemaah haji, agar jemaah haji tetap sehat.

Dikatakan Helmi yang didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Joben, hari ini Kloter pertama jemaah haji Embarkasi sudah mulai memasuki asrama.

“Sehari sebelum diberngkatkan ke Tanah Syci jemaah haji diinapkan dulu di Asrama Haji ini. Kloter I ini terdiri dari jemaah Kota Padang yang berjumlah 389 orang ditambah 4 orang petugas Kloter,” tutur Kakanwil.

Sesuai aturan yang dikeluarkan Arab Saudi, sebelum berangkat jemaah haji wajib melakukan PCR covid 19 dan dibuktikan dengan hasil tes negatif. Jemaah juga harus vaksin Covid 19 dosis 2 (minimal) dan vaksin miningitis.

“Alhamdulillah semua jemaah kita sudah melengkapi itu semua. Tinggal lagi melaksanakan PCR di daerah masing-masing, 72 jam sebelum keberangkatan ke Tanah Suci,” paparnya.

Dikatakan Kakanwil swab ini adalah salahsatu upaya Petugas Embarkasi Padang dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh jemaah. “Kita utamakan kesehatan Jemaah,” tukasnya.

“Apalagi kita belum 100 persen terbebas dari covid 19. Ini adalah bentuk dukungan kita juga terhadap kebijakan Arab Saudi. Jemaah sudah dinyatakan negatif, maka kita juga harus sama,” kata Kakanwil di sela sela persiapan kedatangan jemaah haji.

Swab antigen ini dilakukan oleh tim KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang dipimpin Dr. Darwin didampingi tenaga kesehatan. Dikatakan Darwin, swab antigen ini dilakukan untuk menjaga jemaah agar tidak terpapar.

BACA JUGA  189 Jamaah Calon Haji Kab. Solok Mulai Ikuti Manasik

Swab antigen diawali Kapala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat, H. Helmi didampingi Kepala Bidang PHU, Joben diikuti Kabag TU Miswan, Kabid Urais Edison, Kabid Penmad Hendri Panidias.

Jemaah kloter pertama yang berasal dari Kota Padang ini akan diterbangkan ke Arab Saudi, Sabtu 4 Juni pukul 13. 50 Wib dari BIM menuju Medinah. Rina

Berita Terkait :

layan layan layan layan 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakNarasumber ISPE 2022, Fadly Amran Paparkan Papa Bangkid’21 untuk UMKM
Artikulli tjetërGandeng BBPOM, Darul Siska Gelar KIE di Nagari Sulit Air