Sembelih 10 Ekor Sapi, Kemenag Lima Puluh Kota Salurkan Kurban ke Pelosok

Sembelih 10 Ekor Sapi, Kemenag Lima Puluh Kota Salurkan Kurban ke Pelosok
Tj.Pati, SuhaNews – Pada Idul Adha 1443 H ini, ASN Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota menyembelih 10 ekor Sapi untuk Kurban yang disalurkan ke daerah pelosok Luhak Nan Bungsu.

Penyembelihan hewan kurban dilakukan dihalaman Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota di Tanjung Pati, Senin (11/7), yang didahului sambutan dan arahan Kakan Kemenag H. Irwan.

Dalam arahan yang disampaikan, Irwan menyebut, penyembelihan hewan kurban dilakukan dalam upaya peningkatan ketaatan kepada Allah. Irwan yang didampingi Kepala Sub bagian Tata Usaha, Irfan Junaidi, Ketua Panitia Pelaksana Kurban, H. Safrijon, serta Pejabat Struktural dan Fungsional mengurai beberapa hikmah di balik penyembelihan hewan kurban.

“Pemotongan hewan kurban sedapat mungkin disaksikan oleh mereka yang berkurban. Kurban sendiri bertujuan untuk menghilangkan segala sifat kebinatangan yang ada pada diri manusia. Di samping itu, ibadah kurban juga merupakan ibadah personal sekaligus ibadah sosial. Dikatakan ibadah personal, berkurban dilakukan oleh mereka yang memiliki kelebihan harta. Sedangkan kurban dikatakan ibadah sosial, karena hewan kurban yang disembelih oleh mereka yang mampu, dibagikan dagingnya kepada mereka yang kurang mampu. Sehingga pada saat Hari Raya Iduladha yang kaya dan yang miskin sama-sama menikmati daging kurban,” papar Irwan.

Merujuk kepada tema Iduladha 1443 H, Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebhinekaan, Irwan mneyebut hal ini nyata adanya dan sesuai dengan salah satu tujuan berkurban. Semangat gotong royong dalam berkurban yang dibangun akan menciptakan kebersamaan yang akan memperkuat persatuan dalam kebhinekaan.

H. Safrijon, Kepala Seksi Bimas Islam, yang juga sebagai ketua panitia pelaksana kurban, dalam laporannya menyebutkan, untuk tahun 2022 jumlah sapi qurban yang disembelih sebanyak sepuluh ekor menunjukan grafik yang meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2021 sapi kurban yang disembelih sebanyak delapan ekor. Untuk ini safrijon mengapresiasi peran serta peserta kurban.

BACA JUGA  96 Orang Lulus Tes Penyuluh Agama Islam Non PNS di Kab. Pasaman

“Alhamdulillah tahun ini hewan kurban yang kita sembelih meningkat dari tahun sebelumnya. Harapan kita tentunya dari tahun ke tahun jumlah hewan kurban yang kita sembelih di kantor ini meningkat. Hal ini juga sesuai dengan himbauan kepala kantor. Kita memberikan pilihan kepada peserta kurban untuk memilih sapi jantan atau betina, dengan tingkatan harga yang berbeda. Sehingga peserta bisa menyesuaikan dengan kemampuannya,” jelas Safrijon.

Safrijon menjelaskan, dalam pendistribusian hewan kurban sama dengan tahun sebelumnya, yaitu dibagikan kepada masyarakat di sekitar kantor, kepada LPKA Tanjung Pati Sarilamak, dan kepada masyarakat yang berada di Jorong Nenan, sebuah jorong terluar di Lima Puluh Kota. Terletak di Kecamatan Bukit Barisan, berbatasan dengan Kecamatan Kapur IX.

“Untuk tahun ini, pendistribusian daging kurban, selain kepada masyarakat sekitar kantor, LPKA, dan masyarakat di Jorong Nenan, kita juga mendistribusikan daging kurban ke Jorong Tegal Sari, sebuah jorong terjauh di Kecamatan Lareh Sago Halaban. Harapan kita semoga mereka yang berkurban tahun ini bisa tetap berkurban tahun depan, dan yang belum, semoga tahun depan bisa berkurban. Semoga kita ASN Kementerian Agama Kaupaten Lima Puluh Kota bisa berbagi melalui daging kurban,” pungkas Safrijon. (Nina)

Berita Terkait :

sapi sapi sapi sapi

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakMakkah Sambut Jamaah Nafar Awal, Menteri Agama Minta Petugas Siaga di Pemondokan
Artikulli tjetërKakan Kemenag Buka Lokakarya MAN 3 Padang Panjang