SMK Teknologi Lengayang Bekali Siswa dengan Iptek dan Imtaq

lengayang
Pesisir Selatan, SuhaNews – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berupaya meningkatan mutu pendidikan dan kualitas sekolah supaya tetap bisa kompetitif. 

“Terampil dan mumpuni secara akademis saja tidak cukup. Pengetahuan, iman dan ketaqwaan (Imtaq) sebagai tujuan utama pendidikan sangat penting, tidak boleh dikesampingkan di dalam pendidikan,” ujar Kepala SMK Teknologi Lengayang, Rio Susanto, Selasa (21/6) di Lengayang.

Baca juga: Gubernur: Lulusan SMK PP Padang Mangateh Miliki Sertifikat Kompetensi Asia Pasific

“Kita berharap bisa mewujudkan peserta didik yang cerdas, punya kesadaran secara spritual (Imtaq) dan kepekaan sosial,” tambah Rio Susanto.

Dalam mewujudkan tujuan pendidika nasional, jelas Rio Susanto, SMK Teknologi Lengayang juga membekali siswanya dengan nilai-nilai spritual agar bisa membentengi dirinya dari pergaulan bebas dan berbagai kenakalan remaja sekarang.

“Kita menjadikan Imtaq sebagai salah satu kurikulum muatan lokal,” tambah Rio Susanto.

Proram itu dipilih karena sains atau Iptek tanpa agama adalah lumpuh dan agama tanpa sains adalah buta.

Rio Susanto menambahkan bahwa beberapa kegiatan unggulan bidang keagamaan yang selalu diterapkan di sekolah itu diantaranya, shalat dzuhur, kuliah tujuh menit (kultum) setiap Jumat pagi, lomba pidato/ceramah agama, lomba adzan, lomba shalat jenazah, serta kegiatan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Mairida Triwati, menambahkan bahwa sekolah yang memiliki 483 orang siswa tersebut, tahun 2022 ini juga mendapatkan kesempatan untuk mengikutkan 2 orang siswanya sebagai pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di tingkat kabupaten.

“Ini merupakan salah satu kebanggan pula bagi kami di sekolah ini, sebab sudah tiga tahun berturut-turut siswa dari sekolah ini terpilih sebagai anggota Paskibraka di tingkat kabupaten,” jelas Mairida Triwati.

BACA JUGA  Covid-19 Kabupaten Solok: Terus Bertambah, 8 Warga Terkonfirmasi

Dua orang siswa yang terpilih yakni Ahmad Alfatah, dan Nabila Alaysia, siswa kelas X.

“Sekolah yang memiliki empat jurusan ini telah memiliki 483 orang siswa, yang terdiri dari kelas X sebanyak 177 orang siswa, kelas XI 166 siswa, dan kelas XI yang sudah lulus sebanyak 139 orang pula,” ujar Wakil kepala sekolah bidang Kesiswaan, Septia Meza.

Siswa terbagi ke dalam empat jurusan yakni Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Industri Tenaga Listrik (TITL), dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif/Mobil (TKRO). (Yoni/Wewe)

Baca juga: Wako Hendri Septa Buka Pesantren Ramadan Khusus Tingkat SMA/SMK/MA

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWisuda ke-6 Yayasan Wakaf Bunda Sa’adiah Lahirkan 302 Hafidz-Hafidzah 1 – 6 juz
Artikulli tjetër18 Mahasiswa UNP Ikuti KKN Tematik di Nagari Tanjung Balik Kabupaten Solok