SMPN 3 Bukit Sundi Siap Terapkan Kurikulum Merdeka

SMPN 3 Bukit Sundi Siap Terapkan Kurikulum Merdeka
Solok, SuhaNews – SMPN 3 Bukit Sundi yang berada di nagari Dilam Kabupaten Solok menyatakan kesiapan menerapkan kurikulum merdeka pada tahun ajaran 2022/2023 mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala SMPN 3 Bukit Sundi, Risna Delfita kepada SuhaNews, Selasa (17/50 di Solok.

“Setelah mendaftar secara mandiri untuk IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) berdasarkan syarat dan ketentuan berada pada Tahap I dan IKM Level 2 (Mandiri Berubah) maka kami mempersiapkan pelaksanaan Keputusan Menteri Pendidikan,  Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran khususnya IKM pelaksanaannya mulai TP 2022/2023 ini,” ujar Risna.

Ditambahkannya, pemantapan persiapan IKM salah satunya dengan kegiatan workshop/IHT yang dilaksanakan hari Selasa, 17 Mei 2022 di sekolah tersebut untuk membimbing dan membekali semua guru disekolah tersebut.

“Karena pada dasarnya Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada sekolah, guru, dan siswa untuk memilih sesuai dengan minat,” ulasnya

Risna menyebut, memberikan berbagai pilihan kepada sekolah, guru, dan siswa di satu sisi berarti adalah kemudahan. Walaupun di sisi lain bisa berarti kesulitan. Hal ini akan berarti mudah jika kepala sekolah dan guru memiliki kesiapan, kapasitas dana, dan kapabilitas yang memadai. Kreativitas dan inovasi menjadi kata kunci dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah.

“Semoga SMPN 3 Bukit Sundi sekolah dengan fasilitas dan sarana yang minim pun tidak mengalami kesulitan dalam menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka, karena ketika kepala sekolah dan guru sudah memahami filosofi dan prinsip dasar pembelajaran, pada hakikatnya sudah memiliki kesiapan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka.Namun, berbagai tuntutan kreativitas dan inovasi tersebut akan menjadi kesulitan dan beban tersendiri jika kapasitas dan kapabilitas guru serta kepala sekolah tidak memadai”,pungkas Risna. DL

BACA JUGA  Kepala BNPB Dukung Edukasi Bencana Masuk Kurikulum Sekolah

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Pimpin Apel Gabungan Usai Libur Lebaran
Artikulli tjetërThailand Vs Indonesia pada Semifinal SEA Games 2021