Tanah Datar Bentuk Mal Pelayanan Publik

Bersama Menpan RB Tjahjo Kumolo

Batusangkar, SuhaNews – Pemerintah Tanah Datar, Sumatera Barat melakukan penandatanganan komitmen pembentukan Mal Pelayanan Publik tahun 2020, Selasa (10/03/2020) di kantor Kemenpan RB Republik Indonesia. Pendandatanganan bersama dilakukan  oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo, Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma Gubernur, Bupati dan Wali Kota lainnya di Indonesia.

“Mal Pelayanan Publik (MPP) merupakan terobosan pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik,” ujar Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma.

Mal Pelayanan Publik , jelasnya, dulu dikenal dengan nama Pelayanan Terpadu Satu Atap kemudian berubah menjadi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik.

“Pemerintah Daerah yang akan menyelenggarakan MPP diwajibkan berkonsultasi dahulu kepada Menteri PANRB,” jelas Zuldafri Darma.

Pemerintah Tanah Datar menjadi salah satu dari tiga Kabupaten lainnya di Sumatera Barat melakukan penandatanganan komitmen pembentukan Mal Pelayanan Publik tahun 2020. Dua kabupaten lainnya adalah Limapuluh Kota dan Pesisir Selatan.

Dalam sambutannya, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo menjelaskan bahwa MPP merupakan program terobosan pemerintah daerah, yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Pemerintah Pusat, khususnya Kemenpan RB mendorong daerah untuk melaksanakan MPP yang bisa dikombinasikan dengan kemajuan teknologi informasi sehingga pelayanan publik nyaman dan mudah diakses,” ujar Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

MPP,  jelas Tjahjo Kumolo, bisa menjadi solusi terhadap anggapan masyarakat bahwa pelayanan pemerintah lama, berbelit-belit dan tidak transparan. Dengan MPP kita dobrak rutinitas/kebiasaan dan berorientasi pada pelayanan publik yang berkualitas dengan mengintegrasikan pelayanan pusat dan daerah serta memberikan kemudahan pelayanan bisnis atau berusaha.

“Tanah Datar harus siap dan berkomitmen dalam mewujudkannya, sehingga pelayanan kepada masyarakat akan lebih mudah, baik, nyaman dan cepat dengan memanfaatkan teknologi informasi,” ujar Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma.

Reporter: Dajim   Editor: Wewe

Baca Juga:

Facebook Comments

loading...