Tim SAR Gabungan Evakuasi Pendaki Gunung Talang Yang Alami Hepotermia

tim
Solok, SuhaNews. Usai melakukan pendakian Gunung Talang dengan momen HUTRI ke 75, 15 pendaki alami kelelahan dan hipotermia. Mereka pun dievakuasi oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Basarnas Padang, TRC BPBD Kab. Solok dan masyarakat sekitar, Selasa (18/8).

Dilansir oleh Klikpositif.com, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Solok , Armen melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik Un Khairul mengatakan, sebelas orang pendaki sudah dievakuasi ke posko pendakian.

“Sampai pukul 21.00 Wib tadi, tim gabungan sudah berhasil mengevakuasi sebanyak 14 orang pendaki ke posko pendakian untuk penanganan lebih lanjut, rata-rata perempuan,” terang Un Khairul.

Menurutnya, para pendaki yang dievakuasi mayoritas mengalami kelelahan dan gejala hipothermia atau penurunan suhu tubuh secara drastis akibat cuaca dingin.

Para pendaki yang dievakuasi berasal dari berbagai daerah seperti Kota Padang, Kabupaten Solok , Payakumbuh, Maninjau dan daerah lainnya. Bahkan juga ada pendaki dari Pekanbaru.

“Pendaki yang masih bisa berjalan, dipandu oleh tim, dan yang sudah tidak bisa kita tandu. Kita upayakan semua pendaki yang mengalami masalah, dievakuasi seluruhnya,” terangnya.

baca juga: Dibantu Dompet Duafa, Korban Kebakaran di Solok Ini Punya Rumah Baru

Menurutnya, tim gabungan masih melakukan upaya evakuasi terhadap pendaki lainnya. Ada yang mengalami masalah di tengah perjalanan saat turun, ada juga yang masih di lokasi camp atau selter.

“Saat ini tim masih bergerak naik untuk mengevakuasi sisa pendaki yang masih mengalami masalah. Kita upayakan malam ini bisa diturunkan semuanya,” tutupnya.

baca juga: Pilkada Solok, KPU Buka Pendaftaran Calon 4-6 September 2020

Para pendaki yang sudah berhasil dievakuasi langsung dirawat oleh petugas di posko kesehata yang didirikan di posko pendakian jalur Aie Batumbuek. Setelah pulih, baru diizinkan pulang.

Sebelumnya, sekitar 6.500 orang pendaki dari berbagai daerah tercatat naik gunung Talang pada momen peringatan HUT RI ke-75. Para pendaki berasal dari daerah Sumbar dan luar Sumbar.

Data sementara pendaki yang telah dievakuasi oleh tim gabungan ;

1. Sindy (25) asal Padang
2.Putri (16) asal Pekanbaru
3. Anis (18) asal Pekanbaru
4. Zahri (19)
5. Silvi (25) asal Padang
6. Dewi (19) asal Padang
7. Dewi (26) asal Padang
8. Leni
9. Kelvin (18) asal Padang
10. Anna (19) asal Payakumbuh
11. Putri (18) asal Maninjau
12. Viona (16) asal Solok
13. Tomi L
14. Lisa (18) asal Solok
15. Ami (20) asal Padang

Editor: Lim Sumber: klikpositif. com

Baca juga :

Facebook Comments

loading...