TP-PKK se-Sumatera Barat Sumbangkan Ambulance untuk Palestina

sumatera
Padang, SuhaNews – Ketua TP-PKK Kabupaten Solok  Ny. Emiko Epyardi Asda hadiri acara penobatan Sumatera Barat sebagai Provinsi Dermawan dan serah terima ambulance Palestina dari TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Senin, 6 September 2021 di Auditorium Gubernur Sumatera Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat  H. Mahyeldi Ansharullah, Ketua TP PKK Sumatera Barat  Ny. Hj. Harneli Mahyeldi, Bupati Padang Pariaman  Suhatri Bur, Forkopimda  Prov Sumbar, Pimpinan Bank Indonesia,  Pimpinan Bank Nagari, Ketua TP PKK se-Sumatera Barat, dan Vice President National Philantropi Network ACT Mukhti.  Vice President National Philantropi Network ACT. Mukhti menyampaikan penghargaan atas kedermawanan masyarakat Sumbar mendukung aksi kemanusiaan yang selama ini dilakukan ACT di berbagai daerah di tanah air, maupun di luar negeri.

Baca juga: TP PKK Provinsi Sumbar Berikan Bimtek Kepada TP-PKK Agam

Sejak ACT hadir di Sumbar, sudah 2.061 aksi yang dilakukan ACT bersama masyarakat Sumbar. Aksi-aksi tersebut telah dirasakan manfaatkanya oleh 225 penerima manfaat dengan melibatkan 8.900 relawan,” ujar Mukhti.

Masyarakat Minangkabau adalah masyarakat yang peduli, berbagi. Masyarakat yang pantas disandangkan padanya masyarakat dermawan. Hati dan jiwanya terpaut pada ikatan ukhuwah insaniyah.

Beberapa aksi kemanusiaan, jelas Mukhti, pengiriman bantuan dengan kapal kemanusiaan pada saat gempa Lombok tahun 2018, gempa di Mamuju, dan banjir besar di Kalimantan Selatan.

Seara global, tambah Mukhti, masyarakat Sumbar pernah membantu kelaparan di Somalia tahun 2017. Lalu tahun 2018, ikut dalam pengiriman 1.000 ton beras untuk Rohingnya, dan tahun 2019, pengiriman 2.000 ton beras untuk Palestina.

“Empati masyarakat dan Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) untuk Palestina seakan tiada habisnya. Kali ini datang dari Tim Pengerak PKK (TP.PKK) se-Sumbar dengan menyumbangkan 1 unit mobil ambulans senilai Rp633 juta,” jelas Mukhti.

BACA JUGA  KPU Berikan Nomor Urut Kandidat Calon Walikota Solok, Kapolres Serahkan Maklumat Kapolri

Ketua TP PKK Sumatera Barat  Ny. Hj. Harneli Mahyeldi  mengatakan bahwa mobil ambulance tersebut merupakan hasil sumbangan dari seluruh kader PPK di Sumbar, ditambah sumbangan dari organisasi lain, di antaranya BKOW, IGTKI, Basiba, dan Iasma 1 Landbow.

Sebagai bentuk motivasi, jelas Ny. Harneli, inilah rincian donasi dari TP-PKK se-Sumatera Barat, dari total Rp633 juta, berasal dari TP.PKK Kabupaten Pesisir Selatan Rp140,3 juta, Kabupaten Agam, Rp75,4 juta, Pasaman Barat Rp51,6 juta.

Selanjutnya, Kabupaten Solok Rp51,1 juta, dan Kota Padang Rp46,8 juta, dari TP.PKK Solok Selatan Rp27 juta, Kabupaten Pasaman Rp.25,9 Juta, Bukittinggu Rp13,6 juta, dan Kabupaten Tanah Datar Rp10,2 juta.

Ditambah sumbangan TP-PKK Sumbar, total menjadi Rp476,4 juta. Bantuan lainnya datang dari BKOW sebesar Rp47 juta, IGTKI Rp92,7 juta, Basiba Rp2 juta, Iasma 1 Landbaow Rp10 juta, serta e-warga Rp2,2 juta.

Gubernur Sumbar  Buya Mahyeldi menyambut baik donasi ambulance yang diinisasi oleh TP.PKK Sumbar tersebut.

“Saya mengapresiasi kedermawanan warga Sumatera Barat khususnya para donatur yang sudah mempercayakan ambulance untuk Palestina melalui ACT,” ujar Mahyeldi.

“Sense of crisis masyarakat Sumbar telah terasah dalam kehidupan dan juga melalui ajaran agama sejak kecil. Terbukti ketika terjadi bencana di NTT, Sumbar mengirimkan 1,5 ton rendang, walaupun dalam keadaan Covid-19,” jelas Gubernur Mahyeldi. (Wewe)

Baca juga: Rakor TP-PKK Sumbar Diikuti Ketua TP PKK Agam, Ny. Yenni Andri Warman

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaKelima di Sumbar, TP-PKK Padang Donatur Terbanyak Bantu Palestina
Artikel berikutnyaPertemuan Lintas Sektor Puskesmas Sulit Air Bahas Vaksin Pelajar