Virtual, Kakankemenag Kab. Solok Laporkan Kinerja Pada Kakanwil

408
virtual
Kakankemenag kab. Solok H. Alizar mengikuti rapat virtual jajaran Kemenag Sumbar.
Koto Baru, SuhaNews. Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar mengikuti rapat virtual yang digelar oleh Kakanwil Kemenag Sumbar dalam rangka evaluasi kinerja WFH dan pasca lebaran, Selasa (26/5) bertepatan dengan hari pertama kerja pasca lebaran.

Ikut mendampingi H. Alizar, kasubbag TU H. Fuadi Nawawi, para Kepala Seksi dan Penyelenggara serta pejabat fungsional lainnya. Rapat virtual ini sendiri diikuti oleh seluruh Kakankemenag kabupaten / Kota se Sumatera Barat.

Dalam arahannya Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri mmenyampaikan apresiasinya kepada seluruh Kakan Kemenag Kab/Kota atas apa yang telah dilaksanakan di daerah masing-masing dalam rangka mengawal dan menjaga kebijakan yang dikeluarkan Menteri Agama RI terkait pandemic yang sedang melanda saat ini. Ia menyadari semua itu memerlukan kerja keras dan kerja cerdas.

virtual
Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri

Demi menyempurnakan laporan tersebut, Hendri minta jajaran untuk menuangkannya dalam bentuk tertulis guna diteruskan lagi kepada pimpinan di Kemenag RI.

Pada kesempatantersebut, Hendri juga mengingatkan jajarannya untuk menyusun rencana kerja pasca lebaran dengan tetap mempedomani protokol kesehatan sehingga serapan anggaran bisa terlaksana sesuai target kerja yang telah ditentukan sebelumnya.

“Apa yang sudah dianggarkan dalam Dipa agar segera direalisasikan dengan sebaik-baiknya tanpa menunggu pandemi ini berakhir karena kita tidak tahu pasti kapan ini akan berakhir,” jelasnya.

Tak lupa, Mantan Kakan Kemenag Agam tersebut mengimbau seluruh jajaran untuk tetap melaksanakan dan memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tusi dan fungsi masing-masing dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam pencegahan Covid-19.

Berita Terkait : 

Sedangkan H. Alizar, selain manyampaikan laporan capaikan kinerja jajaran Kantor Kemenag Kab. Solok juga menyampaikan beberapa program yang dijlankan selama Ramadhan dan penanganan Covid-19 dilingkup Kemenag kab. Solok.

Untuk penanganan dampak Covid-19, H. Alizar menyampaikan telah memberikan bantuan kepada jajaran Kemenag Kab. Solok yang terdampak Covid-19. Baik menyampaikan bantuan kakanwil maupun yang digalang dan disalurkan sendiri oleh Kantor Kemenag kab. Solok.

“Untuk bantuan dampak Covid-19 ini, kita akui belum seluruh jajaran kita atau honorer yang menerima, hal ini karena keterbatasan kemampuan kita serta banyaknya saudara-saudara kita para honorer yang tersebar di madrasah negeri, madrasah swasta, hingga penuluh agama,” jelas H. Alizar.

Sedangkan untuk program Ramadhan, khususnya Tadarus virtual dan khatam Al Qur’an secara online, H. Alizar menyebutkan selain dilaksanakan oleh jajaran Kemenag di Kantor dan madrasah maupun KUA juga digerakan oleh penyuluh agama di wilayah binaannya.

“Salah satunya yang dilakukan oleh Penyuluh Agama kita di kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Refni Dayu, S.PdI. Ia menggerakan santri TPAnya untuk melakukan tadarus online dan melaporkan kegiatan santri selama Ramadhan melalui daring kepada pengasuh TPA. Kemudian TPA Surau Lakuak ini juga melakukan peringatan Nuzul Qur’an secara virtual,” ungkap H. Alizar.

Selain itu beberapa nagari juga menggelar MTQ Virtual sebagai pengganti MTQ Ramadhan dan peringatan Nuzul Qur’an, salah satunya dilaksanakan oleh nagari Koto Sani kecamatan X Koto Singkarak.

H. Alizar juga melaporkan, bahwa untuk mendukung pelaksanaan salat Idul Firi di rumah, jajaran Kantor Kemenag kab. Solok menyiapkan konsep khutbah bagi masyarakt yang membutuhkan untuk pelaksanaan salat Ied dalam keluarga.

“Alhamdulillah ini kita menyiapkan konsep khutbah Idul Fitri yang dibagikan kepada masyarakat melalui KUA, penyuluh agama maupun kantor Kemenag. Hal ini untuk mendukung pelaksanaan salat Idul Fitri di rumah, sebagaimana himbauan pemerintah,” pungkas H. Alizar. Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...