Wabup Tanah Datar, Zuldafri Darma Hadiri Panen Raya di Batu Taba

Wabup Tanah Datar, Zuldafri Darma Hadiri Panen Raya di Batu Taba
Wabup Tanah Datar panen raya di Batu Taba
Batusangkar, SuhaNews – Sektor pertanian merupakan sektor andalan Tanah Datar karena memang bertani masih menjadi salah satu mata pencaharian terbesar masyarakat kita.
Hal ini disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar dalam acara panen raya sawah dalam Jorong Galanggang, Nagari Batu Taba, Kamis (7/8/2020) di hadapan Camat Batipuh Selatan, Forkopimca, Wali Nagari Batu Taba dan masyarakat petani.

“Peningkatan kualitas dan kuantitas hasil pertanian harus menjadi perhatian untuk masa datang, karena daerah Tanah Datar sebagian besar merupakan lahan pertanian dibutuhkan terobosan dan inovasi terbaru sehingga swasembada pangan bisa dicapai,” ujar Wabup.

Tentu, tambah Zuldafri Darma, peningkatan kearah situ harus didukung dari berbagai elemen. “Pemerintah Daerah sampai penyuluh pertanian menjadi elemen penting untuk mencapai cita-cita untuk swasembada pangan,” tambahnya.

Wabup juga menambahkan, penanaman varietas jagung hendaknya digalakkan di Tanah Datar. “Kita lihat masih banyak lahan produktif yang saat ini belum diolah maksimal, alangkah baiknya diolah untuk menanam jagung. Hal ini tentu sangat dibutuhkan karena Tanah Datar membutuhkan setidaknya 700 ton jagung setiap tahun, terutama untuk pakan ternak, dan ini adalah potensi yang hendaknya kita manfaatkan bersama,” tukasnya.

Sementara itu Wali Nagari Batu Taba Destriyanto mengungkapkan, pelaksanaan panen raya atas kerjasama dan perhatian dari Pemerintah Daerah Tanah Datar.

“Alhamdulillah, hamparan persawahan di Nagari Batu Taba tahun ini tidak ada masalah dan pada umumnya tanaman padi yang ditanam masyarakat panen sesuai dengan yang diharapkan, dan itu tentu berkat kita semua baik masyarakat ataupun pemerintah,” ujarnya.

Hal ini kita capai, tambah Destriyanto, berkat irigasi yang telah lancar di area persawahan di Batu Taba. “Selama ini walau persawahan kita tepat berada di tepi danau, namun kita kesulitan air, namun berkat dukungan Pemda melalui dinas terkait, irigas sudah lancar dan persawahan masyarakat kamipun panen dengan baik. Maka di kesempatan ini kami sampaikan terima kasih,” pungkasnya.

BACA JUGA  "Babadia Oi" membawa SMPN 4 Kubung Peringkat 2 FLS2 N Tingkat Kab. Solok

reporter Dajim editor : Wewe

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaAgregat 2-2, Lyon Singkirkan Juventus dari Liga Champions
Artikel berikutnyaJumat Barokah Polres Solok, Berbagi Dengan Duafa di Talang Babungo