Wakil Bupati Pessel Rudi Hariyansyah Tinjau Pemilihan Wali Nagari Serentak

wakil
Pesisir Selatan, SuhaNews – Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Rudi Hariyansyah memantau pelaksana pemilihan wali nagari (Pilwana) serentak, Selasa (8/6)  di beberapa lokasi. 

Pilwana serentak di Pesisir Selatan digelar di 31 nagari pada 13  kecamatan dari 15 kecamatan yang ada.

Dalam pemantauan ini, Wabup didampingi Kapolres Pessel, diwakili Kabag Ops Kompol Arsyal, Kepala DPMDP2KB Pessel, Wendi, Kabag Humas dan Protokoler Sekdakab Pessel, Rinaldi, dan beberapa pejabat eselon II dan III lainnya.

Pemantauan pertama dilakukan di TPS 3 Nagari Painan Selatan, tepatnya di SDN  08 Painan, dan dilanjutkan ke TPS 1 di Carocok Painan.

Baca juga: Pilwana Serentak, Kadis DPNDP2KB Pessel Berharap Pjs Wali Nagari Netral

Dari wawancara yang dilakukan dengan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilwana di dua TPS itu, Wabup Pessel Rudi Hariyansyah mengatakan tidak ada kendala dan berjalan sesuai dengan harapan.

“Tidak ada persoalan dan kendala yang dihadapi oleh penitia pemungutan suara di dua TPS yang kita pantau. Semuanya dapat berjalan dan terjadwal sebagaimana diharapkan,” katanya.

Kepala DPMDP2KB Pessel, Wendi menjelaskan bahwa Pilwana serentak itu diselenggarakan pada 31 nagari dari 182 nagari yang ada di Pessel.

“Nagari-nagari itu, tersebar di 13 kecamatan dari 15 kecamatan dengan jumlah wajib pilih sekitar 76 ribu jiwa,” jelas Wendi.

Wendi berharap partisipasi wajib pilih untuk menyalurkan hak suaranya bisa di atas 80 persen, atau minimal sama dengan Pilkada serentak 2020 lalu.

“Pemimpin yang dipilih itu adalah pemimpin yang dekat dan bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Wabup.

Pamantauan yang juga dilakukan di TPS 09 Sago, wajib pilih juga terlihat antusias untuk menyalurkan hak suaranya, sebab dari 381 wajib pilih hingga pukul 09.00 WIB sudah menyalurkan hak suara sebanyak 151 orang.

BACA JUGA  Hendak Menyeberang, 5 Orang Wanita di Pessel di Bawa Arus Sungai

“Kita berharap jumlah pemilih terus meningkat hingga pukul 14.00 WIB nanti, agar pertisipasi sebesar 80 persen tersebut tercapai,” harapnya. (*/We)

Facebook Comments

loading...