Wakil Bupati Tanah Datar Kukuhkan Kepengurusan LPTQ Rambatan

Wakil Bupati Tanah Datar Kukuhkan Kepengurusan LPTQ Rambatan
SuhaNews – Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengukuhkan Kepengurusan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kecamatan Rambatan Masa Bhakti 2022 – 2025, Rabu (19/1/2022) di aula Kantor Camat Rambatan.

Selepas prosesi pengukuhan, Wabup Richi menyampaikan ucapan selamat atas amanah yang diberikan kepada pengurus LPTQ kecamatan pertama yang ia kukuhkan semasa dirinya menjabat Ketua Umum LPTQ Tanah Datar.

Baca juga: Diprotes LPTQ Kota Padang, Richi Aprian Serahkan Keputusan pada LPTQ Sumbar

“Selamat atas amanah yang diemban, Saya yakin kepengurusan yang baru dikukuhkan dapat memberikan dampak dalam peningkatan LPTQ Kecamatan Rambatan tiga tahun ke depan,” katanya.

Sebagai sebuah lembaga keagamaan, tambah Richi, LPTQ Kecamatan mempunyai tugas dan tanggungjawab yang cukup berat, terutama dalam peningkatan pemahaman dan pengamalan kandungan Al Qur’an.

“Setidaknya ada empat poin pokok tugas LPTQ Rambatan, yakni menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ), menyelenggarakan pembinaan Tilawatil Qur’an, Tahfizh dan lainnya, meningkatkan pemahaman Al Qur’an melalui penerjemah, penafsiran Al Qur’an dan meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Kemudian diharapkan LPTQ ini, kata Richi, ke depannya mampu melahirkan generasi hafizh/hafizah melalui program 1 rumah 1 hafiz/hafizah dan bibit potensial menjadi kafilah MTQ N Kabupaten.

“LPTQ Kabupaten baru saja melaksanakan penyusunan program kerja, Insya Allah LPTQ Tanah Datar ke depan lebih baik lagi, terutama dalam mewujudkan cita-cita dan keinginan bersama untuk menjadi Juara Umum kembali di pagelaran MTQ N Tingkat Provinsi di Solok Selatan tahun 2023,” katanya.

Wabup Richi juga berharap peranan LPTQ tidak hanya mendorong generasi muda hafal Al Qur’an, namun juga mendorong para orang tua, orang dewasa ataupun Lansia untuk hafal Al Qur’an.

BACA JUGA  Baznas Tanah Datar Salurkan Zakat Masuk Perguruan Tinggi Negeri

“Untuk mendorong generasi muda untuk belajar ataupun hafal Al Qur’an relatif mudah, yang agak sulit dan susah adalah ketika ada orang dewasa ataupun orang tua yang belajar Al Qur’an. Saya harap jangan dicemooh, tapi malah di semangati dan didorong bersama, sehingga mereka yakin dan nyaman untuk melaksanakan keinginannya untuk baca tulis Al Qur’an,” harapnya.

Terakhir, Wabup berharap pihak Kecamatan bersama Pemerintah Nagari dan pihak terkait lainnya untuk mendata sekiranya masih ada masyarakat yang buta baca tulis Al Qur’an.

“Saya yakin masih ada masyarakat kita yang buta baca tulis Al Qur’an, pak Camat bersama Wali Nagari tolong di data, sekiranya ada tentu bisa dilakukan langkah selanjutnya agar mereka bisa baca tulis Al Qur’an,” tukasnya.

Sementara itu Camat Rambatan Ikrar Pahlepi yang juga dikukuhkan menjadi Ketua Umum LPTQ Kecamatan Rambatan menyampaikan terima kasih dan mohon dukungan segenap pengurus dan juga masyarakat Rambatan.

“Tentunya dukungan dan kerjasama semua pihak sangat Saya harapkan, sehingga LPTQ Kecamatan Rambatan lebih baik lagi,” katanya.

Ke depan, kata Ikrar, tugas LPTQ Kecamatan Rambatan tidak hanya menyukseskan MTQ dan beberapa tugas pokok lainnya, tetapi juga mendukung program 1 rumah 1 hafiz/hafizah. Rel
Baca juga: Wagub Audy Joinaldy Dilantik Jadi Ketua LPTQ 2021-2025

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakPertama di Sumbar, Kabupaten Solok Kukuhkan Pokja Penguatan Moderasi Beragama 2022/2023
Artikulli tjetërStudi Tiru Revitalisasi KUA, Kemenag Sarolangun Kunjungi Kemenag Bukittinggi