Bupati Solok Buka Kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak

Singkarak, SuhaNews – Bupati Solok Capt. H. Epyardi Asda, Dt. Sutan Majo Lelo, M. Mar membuka secara resmi kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak se-Kabupaten Solok, Kamis, 19 September 2024 di Ball Room Chinangkiak Dream Park, Singkarak.

Acara yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok dihadiri oleh Camat, Walinagari, Ketua ForKAN, Adius Saleh Dt. Rajo Mudo, Niniak Mamak, Cadiak Pandai, dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Awali Event Pacu Kuda, Ninik Mamak Arak-Arakan Naik Bendi Menuju Bancalaweh

Ketua ForKAN Kabupaten Solok, Adius Saleh Dt. Rajo Mudo mengatakan bahwa ini merupakan kali pertama niniak mamak bertemu dalam satu kegiatan.

“Terima kasih kepada Bapak Bupati yang telah membantu pembangunan rumah adat di Kabupaten Solok melalui dana BKK,” ujar Adius Saleh Dt. Rajo Mudo.

Sekarang ini, tambah Adius Saleh Dt. Rajo Mudo, banyak terdapat kasus seperti LGBT, tawuran dan lain-lain. Karena itu kita sebagai niniak mamak harus mengambil peran penting di tengah tengah masyarakat guna menjaga anak kemenakan kita dari hal-hal yang tidak baik.

Bupati Solok Epyardi Asda mengatakan jika kegiatan ini menjadi salah satu bentuk perhatian Pemerintah Daerah terhadap adat, budaya serta keagamaan.

Bupati Solok Buka Kegiatan Pelestarian Adat dan Peningkatan Kapasitas Niniak Mamak 1“Sekarang banyak kasus kasus yang melanda para remaja kita, makanya peran niniak mamak sangat diperlukan untuk membina anak kemenakan di nagari ini agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negatif akibat perkembangan zaman dan teknologi,” ujar Epyardi Asda.

Pemahaman hingga pengamalan nilai-nilai kehidupan beragama, adat dan budaya, papar Epyardi Asda, merupakan salah satu isu dan permasalahan pembangunan di Kabupaten Solok yang perlu segera diatasi dan dicarikan solusinya.

“Seluruh peserta diharapkan mempergunakan kesempatan ini untuk mengkaji, menganalisa dan mendiskusikan serta melahirkan solusi-solusi yang kongkret dalam pemecahan permasalahan agama, adat dan budaya di tengah-tengah masyarakat,” harap Epyardi Asda. Wewe

BACA JUGA  Peduli Palestina.: Sekda Medison Pimpin Persiapan Zikir dan Doa Bersama

Baca juga: Bupati Sijunjung Buka Puasa Bersama Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -