Bertambah 2 Lagi, Sudah 70 Warga Kota Solok Terkonfirmasi Positif Covid-19

ambah
Solok, SuhaNews. Dipenghujung bulan Agustus pada Senin (31/09) kembali terjadi penambahan Kasus positif Covid-19 sebanyak 2 orang warga kota Solok. Dengan demikian menjadikan akumulasi jumlah pasien terkonfirmasi positif covid-19  berjumlah 70 orang dengan rincian Sembuh 46 orang, Meninggal 1 orang, dirawat di RSUD M. Natsir 2 orang, dirawat di RSAM Bukittinggi 1 orang, Isolasi Posko Banda Panduang 5 orang dan Isolasi Mandiri 15 orang.
Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Solok Drs. H. Syaiful A., M.Si dalam relis nya menjelaskan bahwa kedua nya merupakan pasien ke 69 dan 70″,terangnya.
“pasien tersebut yaitu seorang Pelajar Perempuan SA (17) merupakan warga Kelurahan Simpang Rumbio Yang diketahui dari hasil tes swab di MA Ar risalah Padang pada tanggal 26 Agustus 2020, kemudian LS (50)warga jalan Adityawarman Kelurahan Kampung Jawa dengan Riwayat dari Bukittinggi pasca operasi di RS Ibnu Sina Bukittinggi kemudian kemo di RSAM dan di tes swab”, pungkasnya.

“Pagi ini kita juga dapat kabar baik jelasnya, dari hasil pemeriksaan Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang dalam sampel konversi pasien terkonfirmasi sebanyak 17 orang, 7 diantaranya dinyatakan negatif Covid-19 setelah melakukan tes swab konversi untuk kedua kalinya”,imbuh Syaiful.

Adapun ke 7 pasien yang dinyatakan sembuh tersebut terang syaiful antara lain ;
1.Pasien 27 DLC Kelurahan Nan Balimo
2. Pasien 29 GHK Kelurahan Sinapa Piliang
3. Pasien 35 N Kelurahan IX Korong
4. Pasien 36 MAA Kelurahan IX Korong
5. Pasien 38 M Kelurahan Nan Balimo
6. Pasien 40 N Kelurahan Kampung Jawa
7. Pasien 58 MI Kelurahan Kampung Jawa

Adapun sebaran per wilayah kecamatan dan kelurahan Untuk wilayah Kecamatan Lubuk Sikarah saat ini terdapat pasien terkonfirmasi sebanyak 31 orang dan Kecamatan Tanjung Harapan sebanyak 39 orang, dengan sebaran per Kelurahan sebagai berikut :

1. Kelurahan Tanah Garam: 3 sembuh

2. Kelurahan VI Suku: 3 sembuh, 3 isolasi mandiri, 1 meninggal dunia

3. Kelurahan KTK: Nihil

4. Kelurahan Simpang Rumbio: 2 sembuh, 1 isolasi mandiri, 2 isolasi banda panduang

5. Kelurahan IX Korong: 9 sembuh, 1 isolasi mandiri,

6. Kelurahan Aro IV Korong: 2 sembuh, 1 isolasi mandiri

7. Kelurahan Sinapa Piliang: 4 sembuh

8. Kelurahan PPA: 6 sembuh

9. Kelurahan Tanjung Paku: 3 sembuh, 1 isolasi mandiri, 2 isolasi posko banda panduang,

10. Kelurahan Nan Balimo: 9 sembuh, 4 isolasi mandiri, 1 di rawat di RSUD M.Natsir

11. Kelurahan Kampung Jawa: 6 sembuh, 3 isolasi mandiri, 1 dirawat di RSAM Bukittinggi

12. Kelurahan Laing : 1 dirawat di RSUD M. Natsir.

13. Kelurahan Koto Panjang: 1 isolasi mandiri, 1 isolasi posko banda panduang

Melihat perkembangan kasus terkonfirmasi hari kehari baik di Kota Solok dan Sumatera Barat pada umumnya. Kami atas nama Gugus Tugas tidak bosan-bosannya meminta kepada masyarakat agar disiplin menjalani protokol kesehatan untuk mengatasi perkembangan covid-19 pakai masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan, pulang kerumah dari manapun ganti pakaian dan langsung mandi. Hindari beli makanan yang terbuka. Ingatkan pelayan makanan untuk tetap pakai masker dan dilarang keras pelayan makanan bicara didepan makanan, walaupun pakai masker”, Katanya

Tetaplah jaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh melalui penerapan pola hidup sehat dan perilaku hidup bersih dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Mari kita semua dapat menjalani adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif aman Covid-19 dengan saling mengingatkan. Lindungi diri kita karena dengan melindungi diri kita dengan sendirinya kita telah melindungi orang lain.

Kepada kita semua yang baru kembali dari melakukan perjalanan luar daerah terutama dari daerah yang ada kasus terkonfirmasi positif COVID-19, diharapkan segera melakukan tes swab, baik itu yang telah disediakan secara gratis oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Bandara atau langsung di Posko COVID-19 Banda Panduang Kota Solok. Guna dapat mendeteksi lebih dini kondisi kita.

Selain itu, kami juga mengajak kita bersama ikut mendoakan agar semua pasien yang terkonfirmasi segera diberikan kesembuhan, Tentunya hal itu tidak terlepas keikutsertaan kita memberikan dukungan dan motivasi kepada mereka terutama keluarga, kerabat dan lingkungan sekitar. Karena bagaimanapun juga terkonfirmasi positif Covid-19 bukanlah sebuah aib sehingga harus dimusuhi apalagi dikucilkan. Akan tetapi sebaliknya, dukungan dan peran serta kita ikut membantu percepatan pemulihan kondisi setiap pasien terkonfirmasi. Terutama yang menjalani isolasi mandiri.

Proses pemulihan akan semakin cepat jika psikologis pasien baik, sehingga membantu meningkatkan daya imunitasnya yang sangat diperlukan dalam melawan virus. Untuk itu mari kita beri dukungan baik langsung maupun tidak langsung. Semoga makin hari makin bertambah tingkat kesembuhan saudara-saudara kita yang terkonfirmasi positif tersebut.

Kepada pasien terkonfirmasi positif yang telah sembuh, perlu kami ingatkan untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Karena tidaklah menutup kemungkinan untuk dapat terpapar Covid-19 kembali”, Tutupnya. Rel | Dedi

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...