BPNB Sumbar Selenggarakan Kegiatan Menelusuri Jejak Budaya di Jalur Rempah Sawahlunto

Sumbar
Sawahlunto, SuhaNews – Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi (BPNB) Sumbar menyelenggarakan kegiatan “Menelusuri Jejak Budaya di Jalur Rempah Sawahlunto”,  pada 1-3 September 2021 di GPK.

Kegiatan diikuti oleh 40 orang, yang berasal dari perwakilan komunitas di Sumbar. Peserta bukan saja mendapatkan paparan materi kebudayaan, juga berkunjung langsung ke objek wisata sejarah dan budaya di Sawahlunto.

Baca juga: Gubernur Sumbar Harap “Randang” Masuk Warisan Budaya Takbenda Dunia UNESCO

“Sebagai kota yang kaya dengan sejarah dan budaya, sangat tepat kegiatan kebudayaan diselenggarakan di Sawahlunto,” ujar Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti.

Kegiatan ini, jelas Zohirin Sayuti, akan memberikan manfaat pada pelestarian nilai-nilai budaya di Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO ini.

Kepala BPNB Sumbar, Undri mengatakan bahwa narasumber pada kegiatan ‘Menelusuri Jejak Budaya di Jalur Rempah Sawahlunto’ terdiri atas Kepala Dinas Kebudayaan, Permuseuman dan Peninggalan Bersejarah Kota Sawahlunto, Hilmed, dengan tema Kota Sawahlunto sebagai Kota Warisan Budaya Dunia sebagai Pusat Bahan Bakar Transportasi Pembawa Rempah Dunia.

Kemudian Dr. Sudarman, MA dengan tema Sawahlunto Sebagai Penunjang Utama Transportasi Jalur Rempah Dalam Historis. Selanjutnya Yose Hendra, SS, MA dengan tema Akulturasi Rasa Budaya di Sawahlunto.

Setelah itu Asep Kambali dengan tema Edukasi Jalur Rempah, kemudian Fatris MF dengan tema Memotret dan Memvisualisasikan Kota Sawahlunto Sebagai Bahan Edukasi Jalur Rempah. Selanjutnya Bayu Harianto dengan tema Strategi Publikasi Dari Objek Wisata Budaya dan Sejarah.

“Semua peserta diminta untuk membuat laporan kunjungan ke objek wisata dan wajib menyampaikan presentasi hasil kunjungan tersebut,” kata Undri.

Sementara saat berada di lokasi objek wisata, peserta diminta untuk menampilkan pantomim tentang rempah dan budaya di objek wisata yang dikunjungi.

BACA JUGA  Sawahlunto Menjadi Tuan Rumah Rakor Dinas Pariwisata se-Sumatera Barat

Kegiatan ini dibuka secara daring oleh Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Dr. Restu Gunawan, M.Hum. (*)

Baca juga: Potensi Budaya Nagari Tuo Pariangan Diangkat dalam Festival Kesenian BPNB Sumbar

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaWalikota Pariaman Genius Umar Lakukan Follow Up Kunjungan Sandiaga Uno
Artikel berikutnyaCegah Kenakalan Siswa, Camat Bukit Sundi Gelar Rapat