Buka PPDB TP 2022/2023, Ponpes Al Manaar Batu Hampar Bangun RKB

Buka PPDB TP 2022/2023, Ponpes Al Manaar Batu Hampar Bangun RKB
SuhaNews –  Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023 bagi sekolah swasta dan berasrama telah dibuka. Sejumlah madrasah swasta dan Pondok Pesantren di Kabupaten Lima Puluh Kota berlomba merangkul siswa baru.
Berbagai kegiatan digelar untuk menarik minat dan bakat calon siswa baru agar mereka tertarik dan berminat untuk bergabung dengan lembaga pendidikan masing-masing, tak terkecuali Pondok Pesantren Al Manaar Batu Hampar Kecamatan Akabiluru Kabupaten lima Puluh Kota.

Untuk Tahun Pelajaran 2022/2023, Pondok Pesantren Al Manaar Batu Hampar menerima santri baru sebanyak tujuh lokal. Lima lokal untuk tingkat MTs dan dua lokal untuk tingkat MA. Namun dalam proses PPDB, karena minat calon santri baru untuk bergabung di pondok pesantren meningkat, pihak pondok pesantren sedang kejar tayang untuk pengerjaan dua lokal baru.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Manaar Batu Hampar, H. Mazmur Sya’roni saat dikonfirmasi menyatakan, pengerjaan dua lokal baru sedang diupayakan. “Pengerjaan dua lokal baru sedang kita usaha agar siap pada saat pelaksanaan PBM Tahun Pelajaran baru. Kita berharap, dengan penambahan lokal baru ini membuat santri tercukupi sarana dan prasarana dalam menuntut ilmu di pondok pesantren ini,” ujar pimpinan.

“Untuk sementara kita pastikan dulu untuk menampung 160 santri baru. Saat ini sudah 200 calon santri baru yang mendaftar. Jika perkembangan pembangunan Ruang Kelas Baru kita rampung, kita akan buka gelombang ke dua penerimaan santri baru. Penerimaan ini juga kita pertimbangkan akan ketersediaan ruang asrama santri” lanjutnya.

Mazmur Sya’roni menyebut, untuk tingkat MA, dua lokal yang disediakan untuk santri baru adalah untuk jurusan IPA dan satu lokal untuk jurusan IPS. Beliau mengatakan, dalam penerima santri baru ini dilakukan tes, baik tertulis ataupun wawancara. Tes terulis berupa pengerjaan soal yang terdiri dari pengentahuan agama dan pengetahuan umum.

BACA JUGA  Banjir di Dharmasraya Lumpuhkan Jalan Lintas Sumatera

Buka PPDB TP 2022/2023, Ponpes Al Manaar Batu Hampar Bangun RKB 1

“Selain tes tentang pengetahuan agama dan umum, kita juga mengadakan tes baca Al Quran, praktek ibadah, dan wawancara motivasi mereka memilih Pondok Pesantren Al Manaar. Tim penguji santri baru terdiri dari ustadz dan ustadzah dari pondok kita yang berkompeten di bidangnya. Pondok pesantren kita sudah berdiri semenjak tahun 1943, sejumlah ulama telah lahir dari pondok pesantren ini. Meski kuantitas penting, tapi kualitas santri adalah prioritas utama kita,” imbuh Mazmur Sya’roni, yang merupakan salah seorang pentarjih Al Quran Tingkat Nasional, sehingga tanda tangannya tertera pada lembaran pengesahan Al Qur’an.

Didampingi kepala MTs, Adicandra Wiguna, S. Pd. I, dan Kepala MA, Muhammad Eri, S. Pd, Mazmur Sya’roni menyebut bahwa seleksi penerimaan santri baru sudah dilakukan pada 6 Maret 2022 yang lalu, dan pendaftaran ulang dilaksanakan 12 hingga 19 Maret 2022 besok. (Adi/Nina)

Berita Terkait :

ppdb ppdb ppdb 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakLiga Champions: Liverpool Beruntung, Chelsea Hadapi Real Madrid
Artikulli tjetërKemenag Pasaman Terima Hibah Tanah untuk 5 KUA Kecamatan