Bukit Taratak Terbakar, Kapolres Pessel: Jangan Membakar Lahan Sembarangan

bukit
Pesisir Selatan, SuhaNews – Sektar 10 hektat hutan di Bukit Taratak, Kampung Ujung Batu, Nagari Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan terbakar, Kamis (29/7). 

“Masyarakat dihimbau untuk tidak sembarangan membuang puntung rokok dan membakar sampah,” ujar Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Pessel, Dailipal, Jumat (30/7) di Painan.

Baca juga: Kebakaran di Payakumbuh, Rumah Nenek Chandra Hamzar Ludes Dilalap Api

Kebakaran di Bukit Taratak di Kampung Ujung Batusekitar pukul 14.00 WIB, jelas Dailipal mengakibatkan 10 hektare lahan masyarakat di kampung itu hangus.

Pada kejadian itu, jelas Dailipal, kobaran api baru bisa dijinakkan sekitar delapan jam setelah kejadian karena lokasi kebakaran berjarak sekitar 30 meter dari pinggir jalan Nasional.

“Lokasi kebakaran sulit dijangkau dengan mobil pemadam kebakaran (Damkar),” terang Dailipal.

Si jago Merah menghanguskan kawasan hutan dan sebagian kebun gambir milik warga dengan luas sekitar 10 hektare. Api baru bisa dijinakan Jumat (30/7) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

“Kerugian ditaksir sekitar Rp20 juta. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini,” ucapnya.

Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo, melalui Kapolsek Batang Kapas, Iptu Asma Derita, mengatakan bahwa kobaran api terlihat membesar di atas Bukit Taratak tersebut sejak pukul 14.00 WIB pada hari Kamis (29/7) itu.

Jarak sumber api terdekat dari jalan Nasional di pinggir bukit, jelasnya, lebih kurang 30 meter. Sehingga sulit dijangkau oleh mobil Damkar.

Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo, didampingi Kasat Intelkam AKP Don Rinaldi, Kasat Reskrim AKP Hendra Yose, Kasat Sabhara Iptu Nofrianda, KBO Lantas Iptu Elfison langsung turun ke lokasi kebakaran sekitar pukul 23.00 WIB

BACA JUGA  Bantu Warga Miskin, Baznas Dharmasraya Sediakan Rumah Singgah di Padang

“Masyarakat jangan membakar lahan sembarangan, yang dapat menyebabkan kebakaran lahan yang lebih besar,” harap Kapolres Pessel, AKBP Sri Wibowo. (*)

Baca juga: Pertamina Foundation Bantu Pemulihan Korban Bencana Banjir NTT dan Kebakaran Keagungan Jakarta Barat

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaSerahkan Bansos di Agam, Gubernur Ingatkan Tingkatkan Imun dan Iman
Artikel berikutnyaCovid-19 Kota Solok, Sembuh 81 Orang dan Positif 38 Kasus Baru