Bupati Solok Hadiri HUT Nagari Katialo Gelar ke-21

bupati
Katialo, SuhaNews – Bupati Solok menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun Nagari Katialo, Kecamatan X Koto Diatas ke-21, Senin, 18 Oktober 2021 di Gedung Serbaguna Nagari Katialo.

Selain Bupati Solok H. Epyardi Asda, juga hadir Ketua TP-TPP Ny.Emiko Epyardi Asda, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Drs. Syahrial,MM, Camat X Koto Diatas Riswandi Bahauddin, Wali Nagari Katialo Syukrion Edi, Wali Nagari se-kecamatan X Koto Diatas, Forkopimcam X Koto Diatas, Kepala OPD, Niniak mamak, Alim ulama, Cadiak pandai, Bundo Kanduang, Tokoh Masyarakat Nagari Katialo.

Baca juga: Bangun Masjid, Warga Kampung Alai Nagari Amping Parak Gotong Royong

Panitia Pelaksana Arman Malin Bonsu melaporkan bahwa kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara pemerintah Nagari dengan niniak mamak dan seluruh masyarakat.

“Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada pada HUT Nagari Katialo ini,” ujar Arman Malin Bonsu.

Selain peringatan Hari Ulang Tahun Nagari Katialo, jelas Arman Malin Bonsu, ada acara Pati Ambalau (Pengukuhan) KAN Nagari Katialo, Malewakan Gala Adat, Pemberian Reward dari BPN Kepada anak berprestasi di bidang Pendidikan, dan Pemotongan Nasi Tumpeng.

“Peringatan HUT Nagari Katialo ke-21 tahun ini merupakan ulang tahun yang ke-3 selama saya menjabat Wali Nagari,” ujar Wali Nagari Katialo Syukrion Edi.

Wali Nagari menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Solok yang telah membantu nagari bahkan sebelum menjadi Bupati Solok.

“Masyarakat Nagari Katialo mendukung program mambangkik batang tarandam menjadikan Kabupaten Solok terbaik di Sumatera Barat,” tambah Syukrion Edi.

Ketua BPN M. Jilis Dt Rajo Penghulu mengatakan bahwa sebelum jadi Nagari, Katialo adalah sebuah jorong istimewa dari Nagari Tanjung Balik. Karena memang asal usul Nenek moyang berasal dari Nagari Tanjung Balik.

BACA JUGA  Buka TC Kafilah MTQ, Bupati Solok: Peraih Medali Mendapatkan Bonus

“Nagari Katialo resmi menjadi Nagari pada 18 oktober 2000, dan sekarang sudah berumur 21 Tahun,” jelas M. Jilis Dt Rajo Penghulu.

Atas nama niniak mamak dan masyarakat Nagari Katialo, jelasnya, berharap bantuan Bupati Solok untuk rehab balai balai adat Nagari Katialo.

Bupati Solok H. Epyardi Asda menyampaian selamat hari jadi Nagari Katialo yang ke-21, semoga Nagari Katialo ke depanya bisa sejajar dengan Nagari lainnya.

Bupati mendorong masyarakat untuk meningkatkan sektor pertanian, peternakan dan UKM. Karena itu Wali Nagari diharapkan mendata masyarakat yang mau beternak ayam, yang akan dibantu dalam hal penyuluhan, modal maupun akses jalan ke tempat usaha ternak.

Wali Nagari diharapkan mendata kelompok tani, nanti kita bantu dalam pemberian bibit gratis,” tambah Bupati Epyardi Asda.

Bupati Epyardi Asda juga akan membantu pembangunan balai-balai adat Nagari Katialo sebesar Rp150 juta pada anggaran 2022.

“Saya maju untuk pengabdian. Semoga jabatan saya ini bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat Kabupaten Solok,” ujar Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Cari Duta ke Provinsi, TP PKK Kabupaten Agam Nilai 6 TP PKK Nagari

Facebook Comments

loading...
Artikel sebelumyaPolres Pesisir Selatan Gelar Gebyar Vaksinasi di Mapolsek Lunang Silaut
Artikel berikutnyaSMAN 1 Lengayang, Pesisir Selatan Ciptakan Aplikasi Pemilah Sampah