Cara Berbakti kepada Orang Tua yang Sudah Wafat

wafat
Pasti sebagai anak pernah melakukan kesalahan terhadap orang tua, baik sengaja maupun tidak. Dari mulai kepedulian yang rendah hingga hidup yang tidak harmonis. 

Bagi mereka yang beriman dan sadar akan kesalahan, akan menyesalinya apalagi setelah orang tua wafat. Bersyukur, Islam mengajarkan bahwa orang tua akan beruntung memiliki anak yang saleh dan salehah.

Baca juga: H.Hendri: Anak Penghafal Al Qur’an Adalah Faedah Luar Biasa Bagi Orang Tua

Selain berdoa, amal ibadah yang akan sampai kepada orang tua antara lain adalah membacakan bacaan Alquran dan mendoakan orang yang wafat.

Di antara amalan lain yang bisa bermanfaat untuk orang tua wafat adalah sedekah. Niatkan sedekah untuk orang tua. Apapun bentuk sedekahnya maka akan diperhitungkan sebagai amal jariyah orang tua.

Perbuatan terkecil adalah menyingkirkan bahaya di tempat orang lalu lalang, menyumbangkan makanan juga pakaian atas nama orang tua, maka itu semua akan bermanfaat. Orang yang bersedekah dan diniatkan untuk orang yang sudah wafat juga diperbolehkan. Kebaikan apapun boleh dihadiahkan untuk orang tua yang meninggal, termasuk jika anaknya tersebut ingin menghadiahkan sholat sunnah. Dalam Surat Al Jumuah ayat 4 disebutkan:

ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ “Demikianlah karunia Allah, yang diberikan kepada siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memiliki karunia yang besar.

(Tulisan ini sudah tayang di republika.co.id)

Baca juga: Jiwa Pramuka Anggota Satprakoja, Libur Sekolah Saatnya Berbakti Pada Orangtua

Facebook Comments

BACA JUGA  Wisuda ke 121 UNP Digelar Secara Luring
loading...
Artikel sebelumyaPAI Kota Bukittinggi Terus Sosialsiasikan SE Menang 15/2021
Artikel berikutnyaPeringatan HUT Bhayangkara ke 75 secara Virtual Diikuti Walikota Solok