Doni, PAH di Nagari Panyakalan Hidupkan Dakwah di Kalangan Anak Muda

Doni, PAH di Nagari Panyakalan Hidupkan Dakwah di Kalangan Anak Muda
Panyakalan, SuhaNews – Selaku penyuluh agama honorer (PAH) Doni, merasakan tidak mudah menyampaikan dakwah kepada umat khususnya kaum milenial apalagi ditengah era digital sekarang mereka sudah asyik dengan gadgetnya sehingga banyak surau surau tidak lagi seperti dulu yang selalu ramai terlihat anak dan generasi muda dengan berbagai kegiatan di surau bahkan sekarang ada beberapa surau yang sepi jemaah dan diisi hanya oleh beberapa orang tua saja yang melaksanakan sholat berjamaah itu pun tidak setiap waktu sholat masuk.
Padahal sesuai adat urang minang anak laki laki zaman dahulu lalok saja di surau dan menjadikan surau sebagai pusat kegiatan, bukan hanya tempat mengaji namun juga sebagai tempat menempa para pemuda dengan ilmu beladiri. Hal ini yang tidak lagi terlaksana sekarang ini.

Kembali basurau ini juga hal yang selalu di gaungkan oleh MUI Sumatera Barat. Ketua MUI Sumbar Buya DR. Gusrizal Gazahar Lc.MAg bahkan gencar mengajak umat dan para ulama agar kembali menyemarakkan surau surau dengan berbagai kegiatan.

Berangkat dari hal ini lah, ustadz Doni giat mengajak umat khususnya kaum milenial dan menempuh berbagai cara dalam menyampaikan syiar agama islam kepada umat di Nagari Panyakalan diantaranya dengan berbincang santai di pos ronda bersama beberapa warga yang tengah melaksanakan siskamling, sementara untuk para generasi muda atau kaum milenial yang tergabung dalam Forum Dakwah Anak Nagari ( FDAN ) Panyakalan disamping kegiatan pelatihan penyelengaraan jenazah yang rutin dilakasanakan setiap malam minggu ba’da isya di surau Al Ihklas Jorong Hilie Banda Nagari Panyakalan.

Ustad Doni juga punya program touring dakwah dengan berkeliling dari surau ke surau di seputaran Nagari Panyakalan selain mengajak para kaum milenial untuk kembali menyemarakkan surau surau yang sudah sepi jemaahnya, Doni bersama FDAN juga mengajak para kaum milenial ini membantu membersihkan dan mencat ulang beberapa surau yang mereka kunjungi.

BACA JUGA  2 Kapolres Tanam Pohon di Perbatasan Sumbar-Riau

Kegiatan yang dilaksanakan satu kali dalam sebulan ini telah dijalankan Doni sekitar 6 bulan terakhir. Hal ini cukup mendapat respon postif dari kelompok sasaran maupun para jemaah surau. Terbukti dengan semakin bertambahnya para remaja yang mau bergabung dengan FDAN, bahkan menurut Doni ada beberapa orang tua yang mengantarkan dan menitipkan langsung anak anak nya untuk belajar cara penyelengaraan jenazah yang memang merupakan kegiatan utama dari FDAN yang di pelopori oleh ustad Doni Herviendri.

Bahkan menurut Doni ada salah satu surau yang jemaahnya meminta jadwal sendiri di surau mereka untuk mengadakan kegiatan pelatihan penyelengaraan jenazah.

Kegiatan yang dilaksanakan secara konsisten selama beberapa bulan terakhir ini sangat membawa dampak postif bagi masyarakat Panyakalan. Dengan makin bertambahnya generasi muda yang berminat dan bergabung di FDAN, bahkan sekarang sudah ada beberapa kelompok atau angkatan yang sudah bisa melaksanakan prosesi penyelengaraan jenazah.

Doni, PAH di Nagari Panyakalan Hidupkan Dakwah di Kalangan Anak Muda 1

Wali Nagari Panyakalan Agus Evatra Dt Bandaro Kayo juga menyambut baik kegiatan yang di pelopori oleh ustad Doni ini.

“Kegiatan FDAN ini sangat memberikan dampak postif bagi masyarakat Panyakalan, kita sudah punya kader kader yang bisa melaksanakan rangkaian prosesi penyelenggaraan jenazah, dan yang membuat kita bangga hal itu dilakukan oleh para generasi muda.” Ucap wali nagari.

Ditambahkan Agus Evatra, ” Dengan kegiatan yang jadwal pelaksanaannya pada malam minggu juga sesuatu strategi yang bagus mengalihkan anak anak muda yang biasanya nongkrong di cafe dan tempat tempat hiburan lainnya sekarang mereka terlihat di surau dengan berbagai kegiatan keagamaan.”

“Harapan kita semoga kedepannya akan semakin banyak anak anak muda yang bergabung dengan FDAN serta juga suppotr dari berbagai pihak sehingga kegiatan ini terus berlanjut,” tutup Wali Nagari. Oca

BACA JUGA  Tak Hanya Jadi BBM, Sampah Juga Bisa Hasilkan Listrik

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBAZNAS Kota Sawahlunto Salurkan Zakat Periode bulan Juli
Artikulli tjetërYaqut: Sanksi Tegas Travel Haji yang Tidak Sesuai Aturan