Hamdani “Putra Painan” Yang Jadi Penjabat Gubernur Sumbar

yang
foto : Kemendagri.go.id
SuhaNews . Mendagri Tito Karnavian menunjuk Hamdani putra Painan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar yang juga Sekjen Kemendagri dan Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan Hamdani sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Sumatra Barat (Sumbar).

Hamdani lahir di Painan, 23 Februari 1962. Sebelum menjadi pejabat eselon I Kemendagri, dirinya berkarir dari Sumbar. Hamdani juga pernah menjadi Pj Gubernur Bali pada Agustus-September tahun 2018.

Dilansir oleh Langgam.id Ia menjabat dari tahun 2015 sampai saat ini sebagai Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Pembangunan. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Staf Ahli Mendagri bidang Ekonomi dan Keuangan 2014-2015.

Kemudian pernah menjabat Direktur Anggaran Daerah Kemendagri tahun 2010-2014. Saat di Sumbar, ia pernah menjabat Staf Ahli Gubernur Sumbar bidang Ekonomi dan Keuangan tahun 2008-2010.

Hamdani merupakan alumni Universitas Andalas (Unand) jurusan Akuntansi tahun 1987. Kemudian melanjutkan magister manajemen Universitas Sriwijaya pada tahun 1997 dan magister sains Akuntansi Unand tahun 2011. Sementara pendidikan doktoralnya di Universitas Trisakti dengan program studi Akuntansi tahun 2019.

Sekretaris Daerah Sumbar Alwis menceritakan, bahwa Hamdani bukan orang asing di Pemprov Sumbar. Hamdani merupakan ASN yang bertugas di masa Gubernur Gamawan Fauzi.

Hamdani terang Alwis, merupakan putra daerah Pesisir Selatan. Selain itu, istrinya juga seorang dokter yang bertugas di Dinkes Pemprov Sumbar.

“Kita bersyukur yang diberikan kepercayaan jadi Pj Gubernur adalah orang kita sendiri, pejabat kita, beliau pernah di sini,” katanya di Kantor Gubernur Sumbar, Kamis (18/2/2021).

Alwis menjelaskan, sebelum bergabung ke Pemprov Sumbar, Hamdani merupakan pejabat Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumbar. Ketika itu Pemprov Sumbar berhasil meraih peringkat Wajar Tanpa Pengecualian pasca gempa 2009.

BACA JUGA  1 November, 224 Warga Sumbar Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Kondisi kita setelah gempa sulit untuk mendapatkan itu, tapi kita berhasil meraih WTP, waktu itu Gubernurnya Pak Gamawan, kita minta bantuan Pak Hamdani,” katanya.

Lalu kata Alwis,  Gamawan Fauzi diangkat menjadi Mendagri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Gamawan Fauzi kemudian juga membawa Hamdani sebagai staf ahlinya di Kemendagri sampai hari ini.

“Saat Pak Gamawan diangkat jadi menteri, maka beliau juga dibawa jadi staf ahli, sampai sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, Hamdani akan datang sore ini ke Padang dan bertemu dengan kepala OPD untuk membahas sejumla hal seperti penanganan covid-19 di Sumbar. Red

Sumber : Langgam.id

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...