Ihsan Nuzula Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Pendidikan

Ihsan Nuzula Terima Penghargaan Sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Pendidikan
Lima Puluh Kota, SuhaNews — Pendiri Pondok Pesantren Al Quran Al Zamriyah Simalanggang, H. Ihsan Nuzula, menerima penghargaan sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Pendidikan dari Pemerintah Nagari Simalanggang Kecamatan Payakumbuh Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu (21/8). penghargaan tersebut diserahkan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  Republik Indonesia ke-77 Tahun 2022, yang dilaksanakan di Aula Serbaguna Kantor Wali Nagari Simalanggang.

Hadir pada puncak peringatan HUT RI ke-77 Tahun tersebut, Rezka Oktoberia, anggota DPR RI, Hj. Aida, anggota DPRD Sumbar, Anggota DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, diantaranya, Marsanova Andesra, Yos Sariadi, dan Hendri. Hadir juga Camat Payakumbuh dan Yondrivel, Wali Nagari Simalanggang.

Penghargaan sebagai Tokoh Masyarakat Peduli Pendidikan yang diterima oleh pria kelahiran 1989 ini merupakan penghargaan atas perhatiannya terhadap dunia pendidikan di tempat tinggalnya. Ihsan, bersama saudara-saudaranya berhasilkan mendirikan Pondok Pesantren Al Quran Al Zamriyah pada tahun 2019.

Kontribusi Ihsan dalam dunia pendidikan di Nagari Simalanggang patut diacungi jempol. Survey pemberian penghargaan ini berdasarkan penilaian masyarakat Nagari Simalanggang. Hal ini tentu sesuai dengan gerak langkah pria satu putri ini snagat luar biasa. Hanya dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun, pondok pesantren yang dipimpin oleh kakak kandungnya, H. Yulizar Bila ini telah memiliki santri sebanyak 180 orang.

Dalam konfirmasi yang dilakukan kepada Ihsan, ia menyebut penghargaan yang dterimakanya adalah apresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu pendirian Pondok Pesantren Al Quran Al Zamriyah. Ihsan menyebut, dirinya tidak akan mampu berjuang sendiri tanpa sokongan dan dedikasi dari banyak pihak.

“Penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh pihak yang telah ikut andil dalam pendirian pondok pesantren. Kami yakin, perhatian kita terhadap dunia pendidikan saat ini sangat dibutuhkan. Kondisi zaman yang sangat ditakutkan, dengan pengaruh negatif yang luar biasa, menggerakkan hati kita untuk membetengi generasi dari dekadensi moral. Memberikan mereka dasar ilmu agama yang kokoh agar mereka tidak mudah terjebak hal-hal negatif. Kami akan terus mengharapkan dukungan dan support dari kita semua khususnya dalam dunia pendidikan,” ungkap Ihsan.

BACA JUGA  Derby della Madonnina, AC Milan Tekuk Inter Milan 3-2

Selanjutnya, pria yang pernah mendulang prestasi di bidang MTQ Internasional di Bahrain dan Iran ini berharap, penghargaan yang diterimanya bisa menjadi motivasi untuk berkarya lebih dari apa yang diperolehnya saat ini. Di samping itu Ihsan juga berharap apa yang telah ia lakukan menjadi spirit dan motivasi juga bagi generasi muda untuk peduli dengan dunia pendidikan.

Seperti diketahui, Ihsan Nuzula adalah putra asli Lima Puluh Kota. Keahliannya di bidang tilawah tidak diragukan lagi. Segudang prestais yang pernaih ia raih, diantaranya Juara 1 Tilawah Remaja MTQ Nasional di Ambon tahun 2012, Juara Harapan II  MTQ Internasional di Kuwait 2013, Juara III Tilawah Dewasa STQ Nasional di Bangka Belitung tahun  2013, Juara III  MTQ Internasioanal di Malaysia tahun 2014, Juara 1 MTQ Tilawah Dewasa MTQ Nasional di Nusa Tenggara Barat tahun 2016, Juara MTQ Internasional di Iran 2017, Juara MTQ Internasional di Bahrain 2019, serta sejumlah prestasi lainnya.

Pengalaman suami dari Annisa Ul Malikha ini di bidang pendidikan juga terbilang banyak, diantaranya Dosen Luar Biasa Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang 2016, Dosen Tetap Non Pns  Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang 2016-2018, Dosen Tetap STAIDA Payakumbuh 2018 hingga sekarang, Direktur Lembaga Tilawatil Quran Pesantren Terpadu Insan Cendekia Payakumbuh 2016-2018, Kepala Pondok Al-Qur’An Al-Zamriyah Payakumbuh, dan Dewan Pembina Yayasan Al-Zamriyah Ahlul Qurra. Kabupaten Lima Puluh Kota.

Berkecimpung di sejumlah organisasi juga pernah ia lakoni, di antaranya pendiri Lembaga Pengembangan Pengkajian Al-Quran IAIN Imam Bonjol Padang, pengurus Lembaga Tilawatil Quran (LPTQ) Sumatera Barat Bidang Musabaqah Dan Perhakiman, Sekretaris Lembaga Darul Qur’An IAIN Imam Bonjol Padang tahun 2016-2018, anggota Qurro (Persatuan Qori-Qoriah Indonesia) tahun 2014-Sekarang, pengurus LPTQ Kabupaten Lima Puluh Kota, Pengurus LPTQ Kota Payakumbuh, Safari Pemuda Prestasi Sumbar Kerjasama Dengan KNPI Sumbar  tahun 2012, dan Pendiri Pondok Pesantren Al-Quran Al Zamriyah. (Nina)

BACA JUGA  Rumah Prof. Salmadanis TErbakar, Al Qur'an Ditemukan Utuh

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKorban Angin Puting Beliung di Padang Ganting Terima Bantuan
Artikulli tjetërRazia Gabungan di Pasaman Barat, Pelanggar Jalani Sidang di Tempat