Jelang PKG, MAN 2 Bukittinggi Gelar Persiapan

Jelang PKG, MAN 2 Bukittinggi Gelar Persiapan
Bukittinggi, SuhaNews, Jelang pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) 2021, MAN 2 Bukittinggi menggelar rapat persiapan dengan tim asesor, Jumat (15/10).

Rapat yang dipimpin Plt Kepala MAN 2 Bukittinggi, Deswita, membahas persiapan pelaksanaan penilaian kinerja guru (PKG) yang biasanya dilaksanakan setiap tahunnya dalam rentang waktu Oktober hingga November.

Dalam kesempatan itu Deswita menyampaikan perlunya koordinasi dan persiapan untuk pelaksanaan PKG, apalagi semester ini kita sudah melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka. PKG ini sangat penting dilakukan dengan baik dan serius baik oleh asesor maupun guru yang akan dinilai.

“Penilaian Kinerja Guru (PKG) bukan sekedar formalitas dan kegiatan rutin tahunan saja, namun sebagai upaya untuk mengingatkan serta peningkatan kualitas kompetensi guru. Apabila guru berkualitas tentunya siswa juga berkualitas. Ibaratkan sebuah pabrik bahan baku dan mestinya bagus, tetapi teknisinya kurang berkualitas tentu produk yang dihasilkan juga kurang berkualitas,” ujar Deswita.

Sejauh ini MAN 2 Bukittinggi memiliki 5 orang asesor untuk PKG guru, yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu. Guru yang menjadi asesor adalah guru yang dipilih ikut pelatihan asesor. Sehingga asesor tidak hanya ditentukan pangkat golongan tetapi juga kompetensi pedagogik.

Murni dian Rahmawati salah seorang asesor menyampaikan pendapatnya. “Perlu pertemuan antara asesor dengan guru sebelum dan sesudah PKG agar kita dapat melihat kelebihan serta kekurangan dalam pelaksanaan pembelajaran. Apalagi kita guru mungkin karena sudah lama mengajar sehingga sering kita melewati step- step proses pembelajaran. Padahal dalam PBM ada kegiatan pembuka, kegiatan inti dan penutup, “tutur lulusan ITB ini. Yuli/Yal|Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

BACA JUGA  Yulia dan Salma, Siswi MAN 2 Bukittinggi Raih Juara Favorit Pekan Seni MTK UNAND
loading...
Artikel sebelumyaHumanity Food Bus-ACT Mampir di Kota Solok, Wawako Ikut Bagikan Makanan
Artikel berikutnyaWawako Solok Resmikan Musala Darusslam Biruhun jadi Masjid