Kakanwil Kemenag Sumbar dan Ketua DPRD Agam Dukung Berdirinya MAN Kejuruan

ketua
SuhaNews. Ketua DPRD Kab. Agam Novi Irwan turun tangan demi berdirinya Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kejuruan di Agam. Hal ini terlihat dengan kesediannya berkunjung ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, hari ini Selasa (25/8) untuk bersilahturahmi dengan Kakanwil Kemenag Sumbar H. Hendri dalam rangka membicarakan percepatan proses pendirian dan langkah-langakah pendirian MAN Kejuruan di Agama.
Tepat ketika Kakanwil sedang melaksanakan shalat Zuhur, Novi dan rombongan sampai di Kanwil. Novi tak sendiri tapi didampingi oleh dua orang Anggoata DPRD yakni Nesi Harmita dan Antonis. Setelah jamuan makan siang, pembicaraan pun dimulai. Pembicaraan diawali oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Syamsul Arifin.

Mengawali pembicaraan Syamsul Arifin menjelaskan macam tipe MAN yang ada di Indonesia, apa MAN reguler, MAN PK, MAN IC dan salah satu tipe nya adalah MAN Kejuruan.  MAN Kejuruan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki kekhususan di bidang keterampilan bagi siswanya dimana saat ini baru 2 di Indonesia yaitu di Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara. Ujar Syamsul.

Syamsul juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menanggapi secara cepat tentang niat baik Kab. Agam dalam mewujudkan berdirinya MAN Kejuruan di Agam tepatnya di Nagari Tiku V Jorong. Ia beserta tim pada tanggal 14 Agustus lalu telah langsung meninjau lokasi tanah yang rencananya akan dijadikan lahan untuk pembangunan MAN Kejuruan di Agam.

Atas arahan Kakanwil dan Direktur KSKK Kemenag RI H. A. Umar Syamsul meninjau dan memastikan kesiapan masyarakat untuk kehadiran MAN Kejuruan nantinya, mengambil titik koordinat, foto udara lokasi tanah serta sertifikat dan mekanisme perpindahan hak nantinya.

”Dari hasil pantauannya saya waktu itu, melihat kesiapan masyarakat yang dimotori oleh KAN Tiku V Jorong , Kabid Penmad sangat optimis niat baik dan rencana ini akan disetujui oleh  Dirjen Pendis.” ucap Syamsul

Kemudian Syamsul memberi kesempatan kepada Ketua DPRD dan rombongan untuk menyampaikan maksud kedatangannya, yang disampaikan langsung oleh Novi Irwan Ketua DPRD Agam.

Dalam penyampaian Novi berharap Kakanwil Kemenag Sumbar mendukung niat baik pendirian MAN Kehuruan di Agam ini, menjembatan agar segala urusan terkait proses pendirian MAN Kejuruan yang melibatkan Kementerian Agama dibantu.

Menanggapi maksud Ketua DPRD Agama, H. Hendri selaku Kakanwil sangat senang selaku dan tentunya mendukung untuk berdirinya MAN Kejuruan di Agam. Kakanwil bersedia membantu dan menjembatan setiap urusan yang ada Kaitannya dengan Kementerian Agama mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Pusat. Namun untuk percepatan pendirian MAN Kejuruan di Agam tidak hanya melibatkan Kementerian Agama tentu melibatkan pihak lain, seperti pemerintah daerah, DPRD, Masyarakat dan semua pihak, lanjut Hendri.

Untuk itu Hendri juga berharap melalui Ketua DPRD segala urusan yang terkait pemerintah daeah agar dibicarakan ditingkat Kabupaten sehingga niat baik ini disetujui dan segera terwujud.

Saat itu juga Kakanwil langsung menghubungan Direktur Kurikulum Sarana Prasarana Kesiswaan dan Kelembagaan (KSKK) Madrasah H. A. Umar Kemenag RI untuk menyampaikan pembicaraan yang sedang berlangsung dengan Ketua DPRD Agama, dan bermohon Direktur KSKK bersedia meninjau lokasi dan melihat kesiapan pendirian MAN Kejuruan di Agam Sumatera Barat.

Melalui pembicaraan telpon seluler ini disepakati tanggal 10 September ini H. A. Umar akan datang ke Sumbar untuk mencek loaksi dan kesiapan Agama untuk beridirinya MAN Kejuruan. Kegiatan silahturahmi ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. Rel | Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...