Satprakoja MAN 1 Solok, Bangkitkan Nasionalisme di Danau Talang

man
Solok, SuhaNews. Minggu (16/8) sore belasan anggota Satprakoja MAN 1 Solok bersama pembina Hengki Iriawan dan beberapa anggota Dewan Kehormatan sampai di danau Talang. Tujuannya ingin memperingati detik-detik Proklamasi di objek wisata yang tengah viral di Kabupaten Solok ini.

man

Malamnya, anggota Satprakoja mengisi kegiatan dengan diskusi ringan seputar objek wisata Danau Talang dengan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Danau Talang.

Hengki Iriawan, Pembina Satprakoja MAN 1 Solok mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati hari kemerdekaan republik Indonesia. Dengan adanya aturan protokol kesehatan yang membatasi kegiatan, maka Satprakoja berinisiatif membuat kegiatan ini Danau Talang.

“Kali ini tak banyak anggota Pramuka MAN 1 Solok yang bisa ikut, karena siswa belajar dirumah. Hanya beberapa saja yang bisa bergabung,’ ujar Hengki.

Hengki menambahkan alasan memilih Danau Talang, selain memupuk nasionalisme anggota Pramuka juga untuk menyebarkan semangat Adiwiyata MAN 1 Solok yang telah meraih prediket Adiwiyata Nasional.

Senin (17/8) pagi, para anggota Satprakoja didampingi Pembina dan Dewan Kehormatan mulai mempersiapkan upacara pengibaran bendera Merah Putih disalah satu sisi danau Talang yang juga menjadi posko Pokdarwis.

Awalnya semua terlihat biasa, baik anggota Satprakoja, Pokdawis dan masyarakat sekitar menjalani aktivitas masing-masing. Termasuk juga beberapa wisatawan lokal yang pagi tu menikmati kesejukan danau talang berlalut kabut.

Pukul 10.00 upacara dimulai oleh anggota Satprakoja yang memakai pakaian Pramuka lengkap. Beberapa masyarakat dan wisatawan mulai mendekat dan hanya melihat pesiapan upacara.

Namun begitu upacara mulai dikibarkan dan anggota Satprakoja lainnya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, anggota Pokdarwis, masyarakat dan wisatawan secara spontan mengambil sikap tegap dan memberikan penghormatan kepada merah putih.

Kondisi ini berlangsung hingga mengheningkan cipta, pembacaan teks proklamasi hingga pembacaan doa.

“Alhamdulillah semua berjalan lancar sesuai yang direncanakan, dan masyarakat sekitar termasuk wisatawan juga ikut memberikan penghormatan saat Merah Putih dikibarkan, dan itu dilakukan secara spontan oleh masyarakat,” ujar Hengki.

Usai upacara, anggota Satprakoja bergabung dengan Pokdarwis danau Talang melakukan penanaman pohon di jalan menuju kawasan wisata ini. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pariwisata Kab. Solok dengan menyediakan bibit pohon mahoni.

Pokdarwis Danau Talang mengapresiasi kegiatan Satprakoja MAN 1 Solok ini, sebagaimana yang disampaikan oleh Feri anggota Pokdarwis yang ikut mendampingi kegiatan Pramukan MAN 1 Solok ini.

Ia berharap dengan adanya aktivitas Pramuka MAN 1 Solok ini akan ikut mempromosikan objek wisata danau Talang sebagai objek wisata alam yang cinta lingkungan.

Andre anggota Satprakoja lainnyamenyampaikan hal senada, ia menambahkan, Pokdarwis danau Talang siap memfasilitasi jika ada kelompok, pramuka atau komunitas yang ingin berkegiatan di danau Talang seperti camping, outbund dan kegiatan alam lainnya. Lim | Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...