Peringati HUTRI – 75 di Danau Talang, Satprakoja Tebarkan Semangat Adiwiyata

peringati
Solok, SuhaNews. Kembangkan semangat cinta lingkungan sebagaimana yang digariskan Adiwiyata, Satuan Pramuka Koto Baru Jaya (Satprakoja) MAN 1 Solok melakukan penghijauan di sekitar jalan menuju Danau Talang bersama Pokdarwis, Senin (17/8).

peringati

Kegiatan yang dilaksanakan usai upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan upacara HUTRI ke 75 ini, Satprakoja bekerja sama dengan Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Danau Talang serta didukung oleh Dinas Pariwisata Kab. Solok.

Hengki Iriawan, Pembina Satprakoja MAN 1 Solok kepada SuhaNews menyebutkan, ada beberapa alasan yang dipilih anggita Pramuka MAN 1 Solok ini dalam kegiatan yang bertepatan dengan ulang tahun kemerdekaan Indonesia ini.

“Yang pertama menebarkan semangat cinta lingkungan dan menghijaukan bumi sebagaiman konsep Adiwiyata, karena MAN 1 Solok yang menaungi Pramuka ini sudah meraih Adiwiyata Nasional. Jadi sudah sepantasnya para siswa dan alumni yang tergabung Satprakoja dan dewan kehormatannya melakukan kegiatan ini,” ujar Hengki.

Kemudian, Danau Talang merupakan salah satu aset wisata Kabupaten Solok, diharapkan dengan kegiatan ini juga mengajak masyarakat baik disekitar danauTaang maupun pengunjung untuk sama-sama peduli pada bumi yang hijau dan asri.

“Kita sengaja mengambil momen HUTRI ini karena sarat makna dan tujuan, baik oleh Satprakoja maupun oleh Pokdarwis danau Talang,” ulas Hengki.

peringati

Sementara itu Feri dan Andre, anggota Pokdarwis yang juga pemuda sekitar danau Talang menyambut baik kegiatan Satprakoja ini.

“Kegiatan Satprakoja ini sejalan dengan program dan misi Pokdarwis yang akan menghijaukan area sekitar danau Talang dengan beragam tanaman,” sebut Feri.

Baik dan Feri maupun Andre berharap nantinya kegiatan ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat khususnya Pokdarwis danau Talang untuk terus menghijaukan kawasan danau Talang sebagai salah satu sumber resapan air bagi daerah disekitar gunung Talang ini.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kab. Solok H. Alizar yang dikonfirmasi akan kegiatan Pramuka MAN 1 Solok ini mengaku bangga. Karena Satprakoja sebagai anggita Pramuka telah melebarkan sayapnya mengembangkan semangat cinta lingkungan yang diusung oleh MAN 1 Solok sebagai Madrasah Adiwiyata Nasional.

H. Alizar mengapresiasi kreativitas Pramuka MAN 1 Solok karena telah ikut menjaga lingkungan dan mendukung berkembangnya Pariwisata di Kabupaten Solok.

Sama halnya dengan upacara penaikan bendera Merah Putih di danau Talang yang digagas oleh Satprakoja MAN 1 Solok yang akhirnya diikuti oleh masyarakat dan pengunjung danau Talang, pada kegiatan ini selain anggota Satprakoja dan anggota Pkdarwis, ada juga masyarakat umum yang ikut bergabung dalam kegiatan ini.

Untuk bibit yang ditanam adalah jenis Mahoni yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Solok. Lim

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...