KPN Kemenag Kabupaten Pasaman Gelar RAT Tahun Buku 2021

KPN Kemenag Kabupaten Pasaman Gelar RAT Tahun Buku 2021
Pasaman, SuhaNews – Kamis (17/3), Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2021 di gedung Serbaguna yang nota bene usaha milik KPN Kemenag Pasaman yang dibangun tahun 2018 lalu.

Sebanyak 276 anggota KPN mengikuti RAT yang dibuka resmi Kepala Kankemenag Pasaman Gusman Piliang dihadiri Kepala Bidang Koperasi Dinas Koperasi,UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Pasaman Darmawi juga Badan Pengawas Imelfia bersama Dian Aprianti dan Emi Suryani.

Pengurus yang diketuai oleh Asrul, Sekretaris Yudhi Yantes dan Bendahara Syahrijal melaporkan beberapa hal diantaranya mengenai keanggotaan terjadi penurunan jumlah dari tahun sebelumnya. Pada tahun 2020 anggota KPN Kemenag Pasaman sebanyak 294, tetapi di tahun 2021 merosot menjadi 276 orang.

Selanjutnya Asrul menyampaikan, dari bidang usaha simpan pinjam diakui kurang berjalan baik disebabkan beberapa faktor antara lain keterlambatan penyetoran dan tunggakan piutang anggota juga beralihnya anggota melakukan peminjaman ke Bank konvensional dan Syariah. Dari hal itu, tampak dan tercatat Sisa Hasil Usaha (SHU) per tanggal 31 Desember tahun 2021 sebesar 348 juta rupiah dari total pendapatan sebesar 685 juta rupiah.

Membaca laporan pertanggungjawaban pengurus Tahun Buku 2021, usaha dari gedung serbaguna yang dimiliki, KPN Kemenag Pasaman sanggup meraup pendapatan sebesar 6 juta rupiah lebih. Dan memiliki saldo di perbankan sebanyak 2 milyar rupiah lebih.

Mendengar paparan dari Badan Pengawas yang diwakili Imelfia, pada usaha simpan pinjam secara umum pencatatan keuangan telah dilakukan sesuai standar pembukuan akutansi. Namun ditemukan tunggakan angsuran pinjaman.

Pihak Badan Pengawas telah memberikan rekomendasi kepada pengurus untuk melakukan penagihan piutang secara maksimal juga melakukan inovasi dan peningkatan dalam hal pemasaran produk atau usaha yang dimiliki KPN.

BACA JUGA  112 Penyuluh Agama Non PNS dan Honorer Kemenag Kab.Solok jadi Peserta BPJamsostek

Dari laporan pengurus serta pemeriksaan Badan Pengawas, Gusman Piliang yang juga selaku Pembina mengingatkan agar seluruh anggota pro aktif, bersungguh-sungguh memanfaatkan RAT sebagai wadah melakukan evaluasi, memberikan saran-saran cerdas yang tujuannya adalah untuk kesejahteraan bersama, mengembangkan koperasi agar lebih baik lagi. Segala temuan ataupun kekurangan bisa mendapatkan solusi terbaik.

Ia memberikan apresiasi kepada pengurus dan anggota. Dari satu sisi, adanya perkembangan usaha yang dimiliki yakni gedung serbaguna. Dimana, gedung telah banyak disewa untuk kegiatan olah raga juga kegiatan pesta. Dan ini telah memberikan pendapatan pada KPN ini.

Kabid Koperasi Pemerintah Daerah Pasaman Darmawi juga memberikan apresiasi untuk KPN Kemenag Pasaman yang telah mampu menyelenggarakan RAT. Tercatat KPN ini yang ke 20 sanggup membentang RAT yang menurutnya sebagai bukti sehatnya koperasi.

Mantan Camat Tigo Nagari itu pun memberikan saran-saran kepada pengurus untuk melakukan terobosan. Apalagi mengenai temuan-temuan yang dapat menghambat gerak laju KPN Kemenag Pasaman. Perlu melakukan kiat-kiat yang baik sehingga piutang maupun hambatan usaha lain bisa teratasi sesegeranya. Yusuf | Moentjak

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakWalikota dan Wakl Walikota Solok Beraudiensi dengan Kepala RST
Artikulli tjetërLiga Champions: Liverpool Beruntung, Chelsea Hadapi Real Madrid