Lagi, Kebakaran Lahan di Aripan Jelang Berbuka Dekat Pemukiman Warga

Lagi, Kebakaran Lahan di Aripan Jelang Berbuka Dekat Pemukiman Warga
Solok, SuhaNews – Kebakaran lahan kembali terjadi  di Aripan kecamatan X Koto Singkarak Kabupaten Solok, Rabu (6/4) petang jelang masuknya waktu berbuka puasa.

Personil Damkar Kabupaten Solok Pos Sumani yang menerima laporan ini langsung menuju sekitar pukul 18.15. Lalang dan tanaman yang berada dipinggir jalan Solok menuju Aripan ini terbakar dan berjarak lebih kurang 200 meter dari lokasi kebakaran lahan pada Senin (4/6) yang lalu.

Personil Damkar yang bertugas butuh perjuangan ekstra memadamkan api, selain tiupan angin juga sumber air yang cukup jauh dari lokasi.

Api baru bisa dinyatakan padam pada lahan yang terbakar sekitar pukul 20.42 WIB sebagaimana dilaporkn oleh Danru Pos Sumani Damkar Kabupaten Solok.

“Alhamdulillah api berhasil dipadamkan sekitar pukul 20.42 WIB, kami personil di lapangan baru sempat berbuka bergantian sambil bertugas,” ujar salah satu personil dihubungi SuhaNews.

Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Solok melalui Kabid Pemadam Kebakaran Kabid Marlaini.S.Pd.MM yang dihubungi terpisah mengapresiasi perjuangan anggotanya dalam memadamkan api. “Demi tugas dan keselamatan warga di sekitar lokasi, mereka terlambat berbuka dan,” sebutnya.

Marlaini kembali mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati, meski dua hari ini Kabupaten Solok mulai turun hujan namun belum cukup membuat tanaman terutama jenis lalang dan tanaman kecil tahan terhadap resiko kebakaran meski dari puntung rokok sekalipun.

“Mari kita sama waspada dan sam menjaga agar lahan di sekitar kita tak terbakar akibat kelalaian kita membakar sampah, membuang puntung rokok dan bahan mudah terbkar. Begitu juga untuk rumah tangga, tetap perhatikan resiko korsleting listrik dan memeriksa kembali kompor setiap selesai memasak dan hendak meninggalkan rumah,” pungkas Marlaini. Moentjak

BACA JUGA  Banjir di Limapuluh Kota, Warga 3 Jorong di Manggilang Dievakuasi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakGenius Umar Lakukan Satu Jam Bersih Selama Ramadan
Artikulli tjetërKetua Komite I DPD RI Fachrul Razi: DPD RI Dorong Percepat Revisi UU ITE