LPMP Sumbar Gelar Coaching Clinic Sekolah Penggerak di Payakumbuh

LPMP
Payakumbuh, SuhaNews – Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan Cabang Dinas Wilayah IV, Dinas Pendidikan Sumbar mengadakan kegiatan Coaching Clinic Program Sekolah Penggerak, Rabu (23/2/2022) di Aula SMPN.2 Kota Payakumbuh, Kaniang Bukik Kecamatan Payakumbuh Utara.

“Coaching Clinic ini merupakan rangkaian ketiga dari Program Sekolah Penggerak,” ujar Kepala LPMP diwakili Kepala Bagian Tata Usaha LPMP Sumbar Drs. Irsad Sakti, SE.

Baca juga: Kepala LPMP Meninggal, Dunia Pendidikan Sumbar Berduka

Kota Payakumbuh, jelas Irsad, termasuk salah satu kota yang komit terhadap peningkatan mutu pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan cepatnya penyerahkan nota kesepakatan kepada LPMP Propinsi Sumatera Barat.

“Program Sekolah Penggerak merupakan bagian dari program merdeka belajar yakni pada episode ketujuh,” tambah Irsad.

Kepala sekolah, jelasnya, merupakan orang nomor satu dalam memajukan pendidikan di sekolahnya. Program Sekolah Penggerak angkatan ketiga ini mulai aktif pada Tahun Pelajaran 2023/2024.

“Program Sekolah Penggerak memberikan kesempatan kepada semua sekolah. Artinya semua sekolah baik negeri maupun swasta berhak untuk mengikuti Program Sekolah Penggerak,” jelas Irsad.

Setelah menjadi sekolah penggerak, urai Irsad, buktikan sudah terjadinya perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik di sekolah.

Banyak program-program dan pelatihan yang akan diperoleh bagi sekolah yang ikut program sekolah penggerak misalnya dalam pengelolaan manajemen sekolah, peningkatan kualitas guru untuk peningkatan mutu pembelajaran sekolah demikian juga dengan pendanaan dengan diberikannya BOS Kinerja.

“Dengan adanya bantuan tersebut tentu akan mempercepat perkembangan dan peningkatan mutu sekolah,” jelas Irsad.

Kegiatan Coaching Clinic Program Sekolah Penggerak ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. H.Dasril, S.Pd.M.Pd.

“Program sekolah penggerak untuk Kota Payakumbuh melalui proses yang sangat panjang dan perjuangan yang sangat berat,” ujar Dasril didampingi Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Drs. Asricun, M.Pd.

BACA JUGA  SMP Negeri 6 Sawahlunto Jadi Sekolah Penggerak

LPMPKepala sekolah diharapkan mengikuti kegiatan Program Sekolah Penggerak dengan serius sehingga banyak kita yang lulus. Kalau ingin maju, harus ikut dalam kegiatan Program Sekolah Penggerak.

“Kepala Sekolah ke depan harus berasal dari guru penggerak,” tambah Dasril.

Narasumber Coaching Clinic ini adalah Supriyanto, Feri Fren dan Yenita Irawati.

Narasumber didampingi oleh Novalina, Deswarti, Ali Munir, Bentri Wirzal, Asriandi, dan Sri Rahmidawati.(Fe)

Baca juga: LPMP Sumbar Sosialisasikan Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Solok

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Pessel Buka Diklat BST dan SKK 60 Mil Tahun 2022
Artikulli tjetërZul Elfian Ajak KONI Kota Solok Persiapkan Tuan Rumah Porprov 2024