Masyarakat Gantung Ciri Dikejutkan Munculnya Harimau Sumatera

Masyarakat Gantung Ciri Dikejutkan Munculnya Harimau Sumatera
Solok, SuhaNews – Setelah Putra Singgulung, Harimau Sumatera dibawa BKSDA Sumbar ke PHRS Dharmasraya pada Juni 2020 lalu, beberapa hari belakangan masyarakat jorong Beringin nagari Gantung Ciri kecamatan Kubung kabupaten Solok, kembali dikejutkan dengan ditemukannya jejak hewan tersebut.

Dilansir oleh Klikpositif.com,  Harimau menampakkan diri di kawasan perladangan Rimbo Mudik Aia, Jorong Baringin, Nagari Gantung Ciri pada Jumat (15/7/2022) lalu.

Sehari kemudian, Harimau kembali terlihat di kawasan perladangan masyarakat. Dengan temuan ini diduga Harimau tersebut berjumlah dua ekor.

Kapolsek Kubung, Iptu Andri Perkasa membenarkan hal tersebut. Disebutnya, dari monitoring yang dilakukan bersama tim dari BKSDA RKW III Sijunjung, dijumpai jejak Harimau pada lokasi yang ditunjukan warga.

“Tadi siang, Bhabinkamtibmas bersama tim dari BKSDA SKW III dan pihak terkait lainnya melakukan monitoring di Nagari Gantung Ciri,” kata Iptu Andri Perkasa, Senin (18/7).

Dari penelusuran Tim menemukan jejak harimau di dua lokasi perladangan masyarakat. Ukurannya telapak kakinya sekitar 20 x 20 cm dan 14 x 14 cm,” kata Iptu Andri Perkasa,

Terhadap temuan itu, tim BKSDA resor Solok akan melakukan koordinasi dengan pihak BKSDA Provinsi terkait tindak lanjut penanganan. Apalagi, ada lebih kurang 100 kepala keluarga yang menggarap ladang di kawasan itu.

“Kita tunggu dari tim dulu, terkait tindaklanjutnya, apakah akan dilakukan pengusiran dengan bunyi-bunyian atau memasang perangkap,” bebernya.

Dalam monitoring tersebut, Bhabinkamtibmas Nagari Gantung Ciri, Brigadir Andi Eka Satria juga meminta warga agar lebih waspada. Terutama saat beraktivitas di kawasan perladangan.

“Usahakan beraktivitas lebih dari dua orang guna meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Usahakan ke ladang Diatas pukul 08.00 Wib dan pulang sebelum jam 16.00 Wib,” himbaunya.

BACA JUGA  3 Ekor Harimau Resahkan Warga Kab. Solok, BKSDA Turun Tangan

Berita Terkait :

 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakLathifa, Siswi MTsN 2 Pasaman Hafal 30 Juz dalam 54 Hari
Artikulli tjetërPertama di Indonesia, Gubernur Sumatera Barat Luncurkan KTP Digital