MTsN 4 Solok Gelar Thaharah di Empat Lokasi

MTsN 4 Solok Gelar Thaharah di Empat Lokasi
Solok, SuhaNews – Menyambut bulan suci Ramadhan, keluarga besar MTsN 4 Solok (MTsN Tembok Kacang) menggelar Thaharah di empat Masjid yang ada di nagari Kacang dan Tikalak kecamatan X Koto Singkarak, Selasa (29/3).

“Alhamdulillah hari ini kita melaksanakan Thaharah di empat lokasi yang diikuti oleh seluruh warga madrasah,” ujar Kepala MTsN 4 Solok Erdinal,S.Ag kepada SuhaNews.

Erdinal menjelaskan lokasi tersebut adalah Masjid Raya Kacang, Masjid Nurul Iman Tembok, Masjid TAqwa Biteh nagari Kacang dan Masjid Jihad nagari Tikalak. Masing-masing lokasi dikomandoi oleh Kepala Madrasah, Kaur Tata Usaha dan Wakil Kepala.

“Ini implementasi dari 11 Gema Rindu yang menjadi program Ramadhan oleh KAnwil Kementerian Agama Sumatera Barat yang dikuatkan dengan himbauan Kakan Kemenag Kabupaten Solok,” ulas Erdinal.

Dalam pelaksanaannya, siswa yang kediamannya terdekat dengan lokasi thaharah akan mengikutinya di lokasi tersebut. Adapun item pekerjaan yang dilakukan adalah kebersihan interior dan eksterior masjid.

Disebutkan oleh Erdinal dalam pelaksanaannya, madrasah juga melibatkan pengurus dan masyarakat disekitar masjid sehingga ada kebersamaan dalam kegiatan ini.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Solok H. Zulkifli yang dihubungi mengapresiasi kegiatan MTsN 4 Solok ini. “MTsN 4 Solok menjadi yang pertama menggelar Thaharah tahun ini,” ujarnya.

H.Zulkifli menyebutkan thaharah masjid merupakan agenda rutin setiap tahunnya oleh keluarga besar Kementerian Agama jelang masuknya bulan suci Ramadhan. Setiap Satker akan mengadakan di masjid terdekat dengan lokasinya. Selain oleh keluarga Kemenar juga mengajak masyarakat, tujuannya agar masjid lebih nyaman dipakai beribadah selama Ramadhan nanti.

“Untuk tingkat kabupaten Solok yang dimotori oleh Kantor Kemenag akan melaksanakannya pada Kamis 31/3 nanti di masjid Djamaludin Tamban komplek GOR Batu Batupang,” sebut Zulkifli.

BACA JUGA  Upacara di MTsN 4 Solok, Kakan Kemenag Motivasi Siswa dan Guru

Disampaikan juga, selain itu disetiap kecamatan juga dilaksanakan Thaharah oleh KUA hingga ke masjid-masjid nagari serta surau yang dimotori oleh Penyuluh Agama Islam di masing-masing kecamatan. Sedangkan untuk madrasah boleh bergabung dengan KUA atau menggelar sendiri di masjid dan musala terdekat dengan madrasah tersebut.

“Selain Thaharah, ada 10 program lain yang kita gerakan selama Ramadhan nanti. Tidak hanya oleh keluarga Kemenag, masyarakat juga kita ajak karena ini bertujuan untuk meraih indahnya Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan berpahala,” ulas Zulkifli.

Zulkifli merinci, program lainnya adalah Tadarus Al Qur’an Offline, Wirid Forum Al Nisa, Tadarus Online, Syiar Baca Kitab Hadits, Gema Rohani jelang berbuka, Tilawah Ramadhan di Radio / online, berbagi Zakat, semarak Nuzul Qur’an, I’tikaf mandiri dan siraman rohani.

“Program ini tidak hanya untuk ASN Kemenag, tapi kita ingin masyarakt juga ikut sehingga kita semua merasakan berkah Ramadhan tahun ini,” pungkas Zulkifli. Fendi

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakUAS Doakan Kemudahan Konversi Bank Daerah Sumbar Jadi Bank Syariah
Artikulli tjetërProduk Kerajinan Tanah Datar Tampil di The Jakarta International Handicraft Trade Fair 2022