PHBI Panyakalan Sambut 1 Muharam di Mudiak Aie

sambut
Panyakalan, SuhaNews. Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Nagari Panyakalan kec. Kubung Kab. Solokbekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nagari (BAZNA) menggelar penyambutan 1 Muharam 1442 H di Musala Nurrussalam Jorong Mudiek Aie Nagari Panyakalan Kamis (20/8). Sebagai penceramah dalam kegiatan ini, ustazd Taruddin MA.

sambut

Dalam tausiahnya ustazd Taruddin MA menyampaikan, tahun baru Islam bukan hanya berarti berpindah dari satu tempat ke tempat lain seperti yang dilakukan Nabi dan para sahabat yang melakukan berhijrah dari Mekah ke Madinah tapi juga dimaknai sebagai semangat perjuangan yang tak kenal lelah dan putus asa dalam menyebarkan agama Islam oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Meskipun banyak tantangan dan rintangan, Nabi Muhammad SAW dan sahabat tak pernah menyerah atau pesimis. Bahkan Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah meninggalkan tempat kelahirannya, saudara, dan harta bendanya hanya agar bisa memenuhi perintah dan wahyu yang diberikan Allah SWT.

Ustazd juga mengajak jamaah yang hadir untuk menjadikan pergantian tahun baru Islam ini sebagai momentum untuk intropeksi diri atau bermuhasabah. Seiring waktu yang terus berjalan dan berlalu, kita tidak tahu kapan datangnya ajal, diharapkan umat muslim lebih mawas diri, introspeksi dan bermuhasabah atas segala tindakan dan perbuatan yang dilakukan selama 12 bulan.

Sementara itu, Ketua BAZNA Panyakalan Drs. Asriwandi Malin Maindo dalam laporannya menyampaikan bahwa dana yang terkumpul baik itu dari perantau maupun zakat infaq dan sedekah dari masyarakat sebanyak 40 juta lebih akan disalurkan kepada para Mustahiq, anak anak sekolah mulai dari SD, SMP, dan MTsM yang membutuhkan dan berhak menerima.

sambut

“Semoga sedikit bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat ditengah kondisi pandemi covid saat ini,” ujar Asriwandi.

Ketua umum PHBI Panyakalan M.Taufiq Dt Rajo Batuah SP. MP. kepada Suhanews mengatakan acara yang terlaksana hari ini merupakan kolaborasi yang sangat indah antara PHBI dan BAZNA dimana kegiatan peringatan Muharam tahun ini berdekatan waktunya dengan hari kemerdekaan RI ke 75 th.

Hal ini menginspirasi PHBI dengan mengambil motto ” Melalui peringatan tahun baru 1442 H mari kita bangkitkan kembali semangat uhkwah dan kebersamaan disetiap sendi kehidupan demi terwujudnya nagari yang aman dan madani”.

Selanjutnya Taufiq mengatakan peringatan tahun baru Hijriyah kali ini sengaja kita lakukan dengan sederhana mengingat masih merebaknya pandemi Covid- 19. Namun tidak mengurangi makna kebersamaan ditandai cukup antusiasnya jamaah yang hadir.

Agus Evatra Dt Bandaro Kayo selaku wali Nagari Panyakalan ikut memberikan sambutan,beliau menekan kan agar masyarakat untuk selalu mengikuti protokoler kesehatan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun, keluar rumah memakai masker, serta untuk selalu menjaga jarak.

Dalam kesempatan BAZNA Panyakalan juga menyerahkan zakat pada Mustahiq. Acara ini juga dihadiri oleh ketua lembaga di nagari Panyakalan, Pengurus Organisasi dan Tokoh Masyarakat.

reporter : Oca editor : Moentjak

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...