Pokdarwis Cupak Pusako Lestarikan Kesenian Indang Lewat Lomba

Pokdarwis Cupak Pusako Lestarikan Kesenian Indang Lewat Lomba
Cupak, SuhaNews. Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cupak Pusako nagari Cupak kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, melestarikan kesenian Indang dengan menggelar lomba antar jorong.
Para peserta lomba mendapat perlakuan sama oleh Panitia yang terdiri dari Pokdawis Cupak Pusako dan penggiat seni anak nagari Cupak. Para peserta mengikuti latihan yang digelar di halaman kantor Wali Nagari Cupak, Minggu (15/11) yang lalu.

Ketua Panitia Lomba Indang antar Jorong se nagari Cupak, Randi Orlanda, kepada SuhaNews menyebutkan bahwa lomba ini bertujuan untuk melestarikan Indang sebagai salah satu kesenian anak nagari di Cupak.

“Alhamdulillah, antusiasme peserta dan panitia sangat tinggi dalam pelaksanaan event ini, sehingga diharapkan mampu menggeliatkan seni dan budaya yang ada di Nagari Cupak, saat ini tim latihan Tari Pasambahan diiringi Talempong, Tambua dan Tasa yang dimainkan oleh panitia sendiri. Ini kita lakukan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap seni dan budaya Minangkabau,” ujar Randi.

Para peserta dilatih oleh Rosita dan Tri Dara Agnez, keduanya warga Cupak yang lulusan Institur Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang. Selain Indang, peserta juga dilatih memainkan Talempong, Tambua dan Tasa pengiring Tari.

Keduanya mengapresiasi semangat generasi muda nagari Cupak dalam melestarikan kesenian, hal ini terlihat dari antusias mereka mengikuti latihan.

Pokdarwis Cupak Pusako Lestarikan Kesenian Indang Lewat Lomba

Lomba Indang antar jorong Se-Nagari Cupak akan digelar pada tanggal 23 November 2020 yang bertemat di Medan Nan Bapaneh, Jorong Pasar Baru nagari Cupkak. Selain Indang juga akan diisi oleh kesenian lainnya seperti Tari dan Tambua Tasa

Acara ini terselenggara berkat kerjasama Garda Ikatan Pemuda Nagari Cupak atau Pemuda Nagari Cupak bersama Pemerintah Nagari Cupak, Pokdarwis Cupak Pusako yang didukung oleh Ikatan Mahasiswa Cupak, Bumnag Cupak Usali, Yayasan Pemuda Nagari Cupak (YPNC, red), BPN Cupak, KAN Cupak, MUN Cupak, Bundo Kanduang, PKK Nagari Cupak dan unsur lainnya.

reporter : Fadli editor : Moentjak

Baca Juga :

Facebook Comments

loading...