Pokjaluh Lima Puluh Kota Sapa Masyarakat Nagari Gunuang Malintang

Pokjaluh Lima Puluh Kota Sapa Masyarakat Nagari Gunuang Malintang
SuhaNews – Sebagai perpanjangan tangan program-program Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, yang tergabung dalam Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh), mengadakan kegiatan lapangan, Selasa (15/3)

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kantor Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota, H. Safrijon. Kasi Bimas Islam beserta seluruh penyuluh agama mengadakan kegiatan yang berpusat di Masjid Jamik Takhlis Gunuang Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

Fokus kegiatan Pokjaluh kali ini adalah jamaah Masjid Jamik Takhlis dan siswa MTsS Fastabiqul Khairat, Nagari Gunung Malintang. Kegiatan berupa ceramah agama dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan yang disampaikan oleh H. Asrat Chan, Penyuluh Agama Islam Ahli Muda KUA Kecamatan Guguak. Asrat Chan mengajak para siswa untuk turut menyemarakkan bulan suci Ramadan.

“Sebagai siswa madrasah, ananda semua berkewajiban menyemarakkan bulan yang mulia ini. Isi Ramadan dengan tadarus, kegiatan keagamaan, dan kegiatan-kegiatan yang akan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Jangan justru siswa madrasah yang tidak menyemarakkan bulan suci Ramadan,” ucap Asrat Chan.

Dalam tausiyahnya Asrat Chan juga mengimbau agar semua jamaah mempersiapkan ilmu sebelum memasuki ibadah suci Ramadan. Menyibukkan diri dengan ibadah ibadah sunnah seperti banyak puasa sebelum ramadan.

Sebelumnya, H. Safrijon dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan turun ke lapangan merupakan agenda rutin bulanan Pokjaluh Kemenag Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan penyuluhan sebulan sekali ini menyisir masyarakat yang ada di kecamatan secara bergantian.

“Kegiatan Lapangan adalah dalam rangka memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Disamping itu kita juga menyampaikan informasi-informasi terbaru tentang kementerian Agama. Kita ingin, walaupun msayarakat kita ada yang berada di daerah yang jauah dari pusat kabupaten, namun mereka tidak ketinggalan informasi. Selain itu kita ingin menyampaikan, bahwa Kemenag dengan prioritas pembangunan mental spritual melalui pembinaan keagamaan masyarakat, hadir dengan berbagai program diantaranya Kemasjidan. Pemberdayaan masjid yang baik akan sangat membantu penyelesaian berbagai masalah sosial yang ada di masyarakat,” papar Safrijon.

BACA JUGA  Digelar SANG Tilkam, Bupati Agam Buka MTQ Tingkat Sumbar ke-2

Tak lupa, mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lima Puluh Kota, Safrijon mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat Kecamatan Pangkalan Koto Baru dan semua pihak yang telah ikut mensukseskan program Kementerian Agama.

Kegiatan lapangan kali ini diikuti oleh masyarakat dan para siswa dengan antusias. Kegiatan semakin semarak dengan pemberian doorprize kepada peserta kegiatan setelah menjawab pertanyaan dengan benar dari para penyuluh.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala KUA Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Suherman, Penyuluh Agama Islam Non PNS, pegawai KUA Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Wali Nagari Gunung Malintang, Kepala Jorong, majlis guru MTsS Fastabiqul Khairat, Guru TPQ, MI, dan RA Nagari Gunung Malintang.

Setelah kegiatan berakhir, sebelum beranjak dari Nagari Gunuang Malintang, rombongan Pokjaluh menyempatkan menikmati santap makan siang di bibir Batang Maek, sebuah sungai yang cukup lebar dengan aliran air berasal dari Nagari Maek Kecamatan Bukik Barisan. Nina | Moentjak

Berita Terkait :

Pokjaluh Pokjaluh 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakTandatangani MoU, Kabupaten Solok dan Solok Selatan Bekerjasama
Artikulli tjetërBaznas Padang Panjang kembali Raih Predikat WTP