Revitalisasi, KUA Lubuk Sikaping Adakan Studi Tiru ke KUA Mandiangin

revitalisasi
Bukittinggi, SuhaNews  – KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan sebagai KUA Revitalisasi menerima kunjungan study tiru dari jajaran KUA Kecamatan Lubuk Sikaping, Jum’at (05/08).

Kunjungan study tiru ini dipimpin langsung Kakan Kemenag Kabupaten Pasaman, H. Gusman Piliang didampingi Kasi Bimas, Hassyunil dan Kepala KUA Lubuk Sikaping, Muksinin,

Baca juga: KUA Padang Panjang Barat Dipersiapkan untuk Revitalisasi KUA

Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, H. Eri Iswandi pada kesempatan mengucapkan selamat datan kepada rombongan dari KUA Lubuk Sikaping ini dan memaparkan beberapa hal mengenai pelayanan masyarakat di KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan. “Untuk jumlah pegawai di KUA Revitalisasi hanya 9 orang di luar Penyuluh Agama dan semua pelayanan dilakukan di lantai 1”, jelasnya.

Selanjutnya Kata H. Eri Iswandi ada beberapa perubahan dalam KUA Revitalisasi yaitu perubahan sarana dan prasarana, peningkatan kualitas SDM, dan porsi yang paling banyak yaitu digitalisasi layanan.

“Perubahan sarpras meliputi perbaikan fasilitas gedung, dimana sebelumnya KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan telah mendapat rehab gedung proyek SBSN dan menjadi pilot projek Revitalisasi KUA tahun 2021 lalu. Peningkatan kualitas SDM meliputi peningkatan sikap dan perilaku petugas pelayanan dan telah mendapatkan bimtek tentang bagaimana melayani masyarakat dengan baik sehingga KUA selalu mendapat penilaian pelayanan yang terbaik dalam melayani masyarakat,” ungkapnya.

Terakhir kata Kakan Kemenag Kota Bukittinggi ini sebagai KUA percontohan kiranya dapat memberikan layanan yang cepat, tepat dan memuaskan masyarakat.

“Inti dari revitalisasi KUA adalah pelayanan yang cepat dan nyaman kepada masyarakat dan juga menjadikan KUA tidak hanya menjadi layanan pernikahan saja, tetapi juga pelayanan keagamaan lainnya seperti pemberdayaan umat, wakaf, arah kiblat dan lain sebagainya

BACA JUGA  Kantor Kemenag Bukittinggi Lakukan Pembinaan Penyuluh Agama Islam

Sementara itu Kakan Kemenag Pasaman, H. Gusman Piliang menyampaikan tujuan kedatangannya ke KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan ialah silaturahmi sekaligus studi tiru terkait program revitalisasi KUA. “Terimakasih kami ucapakan atas sambutan hangat dari Kakan Kemenag Kota Bukittinggi, Kepala KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan serta jajaran, kehadiran kami disini selain untuk bersilaturahmi juga ingin mempelajari sekaligus mencontoh beberapa kemajuan yang ada di KUA dengan baik,” ulasnya.

Dalam kegiatan ini, Kepala KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, Syarifuddin menjelaskan tentang bagaimana revitalisasi di KUA Kecamatan Mandiangin Koto Selayan, “Program revitalisasi KUA ini memiliki dasar hukum yakni sesuai dengan KMA No 758 Tahun 2021, dimana revitalisasi bertujuan untuk meningkatkan layanan keagamaan kepada masyarakat dan meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama,” jelasnya.

Selanjutnya, Syarifuddin berharap semoga silaturahmi terus berlanjut hingga dapat mempererat hubungan sesama KUA. “Kami dengan senang hati berbagi untuk kemajuan bersama serta memantapkan pelayanan di KUA,” tambahnya. (Melati/Syafrial)

Baca juga: Studi Tiru ke Desa Wisata Terbaik ADWI 2022, Eka Putra Ingin Impelementasikan di Tanah Datar

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakBupati Solok Buka Turnamen Sepak Bola Pramusim Liga 3 di Aie Batumbuak.
Artikulli tjetër100 Penyair Lulus Kurasi akan Hadiri TPAT II-2022