Sehari Bersama Anak Yatim di Taratak Teleang, Sariak Alahan Tigo Kab. Solok

sehari

Sehari Bersama Anak Yatim di Jorong Taratak Teleang, Nagari Sarik Alahan Tigo, Kec. Hiliran Gumanti, Kab. Solok

Oleh : Fisra Riyanti

Sehari Bersama Anak Yatim, demikian nama program yang dibuat oleh sekelompok anak muda yang keren dan luar biasa ini. Anak-anak muda ini menamakan komunitas mereka dengan sebutan Squad Untill Jannah. Mereka adalah anak muda penyuka traveling dan petualangan tetapi mereka tetap ingin berkhidmad kepada agama dan negara ini melalui aksi yang nyata dengan cara : membersamai anak-anak yatim/piatu dan dhuafa dan memberikan kebahagian kepada mereka meski hanya sehari saja.

sehari

Sehari Bersama Anak Yatim ini dilakukan di Jorong Taratak Teleang (biasa disebut Tak Teleang), Nagari Sarik Alahan Tigo, Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok pada 22 – 23 Agustus 2020. Kegiatan pembukaan acara yang dilaksanakan pada Sabtu malam setelah shalat isya dilakukan di Mesjid Raya Taratak Teleang. Setelah selesai pembukaan dan perkenalan serta games, acara malam itu ditutup dengan pelaksanaan pawai Tahun Baru Islam yang dilakukan oleh anak-anak peserta dan kakak-kalak penyelenggara dengan membawa obor berkeliling kampung.

Pelaksanaan pawai berkeliling kampung ini dilakukan anak-anak peserta program dan kakak-kakak tim Squad Until Jannah. Mereka membawa obor sambil melafalkan shalawat nabi di sepanjang jalan lingkar kampung. Suasana perkampungan yang gelap menjadi terang temaram dengan arak-arakan pawai tersebut.

Keesokan harinya, kegiatan yang mereka lakukan adalah tahfidz juz 30 (lebih tepatnya mencoba menggali dan mengetahui sejauh mana hapalan juz ‘amma mereka), mengaji, shalat dhuha berjemaah, motivasi, leadership dan lain-lain. Termasuk berbagai macam permainan dalam mini outbond dan berbagai macam kegiatan lainnya yang menyenangkan dan menarik bagi anak-anak.

Pada akhir acara, masing-masing anak mendapatkan hadiah dari kakak-kakak tim dengan berbagai kategori. Ada hadiah untuk perorangan, dimana setiap anak mendapatkan hadiah berupa alat tulis sekolah dan uang belanja. Dan juga ada hadiah untuk kelompok. Juga ada hadiah peserta terbaik sampai peserta terjahil.

Wali Nagari Sarik Alahan Tigo Bapak Baharuddin dan Wali Jorong Taratak Teleang Bapak Pera Eka Datra  sangat mendukung kegiatan ini. Beliau berdua menilai kegiatan sangat bermanfaat untuk anak-anak yatim/piatu serta anak-anak dhuafa di daerah mereka. Mereka berdua berharap kegiatan yang sama bisa dilakukan lagi di kemudian hari. Dan harapan utama yang ingin mereka dapatkan adalah semoga kegiatan ini bisa menjadi motivasi yang tinggi untuk anak-anak tersebut untuk menuntut ilmu dan melanjutkan pendidikan sebagai generasi penerus untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang.

sehari

Tidak hanya itu, Wali Nagari Sarik Alahan Tigo juga menyediakan rumahnya sebagai tempat bermalam empat orang anggota tim yang perempuan. Istri beliau Ibu Ratna Wida  bahkan terlihat sangat rama menerima kedatangan tim Squad Until Jannah dari Solok. Beliau juga ikut berbaur dengan tim masak yang bertugas memasak makanan yang akan dikonsumsi oleh panitian dan juga anak-anak peserta “Sehari Bersama Anak Yatim.”

Ibu Ratna Wida juga mengungkapkan hal yang senada dengan suaminya dan juga wali jorong. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Squad Until Jannah karena sudah mengdakan kegiatan “Sehari Bersama Anak Yatim” ini di nagarinya. Ia juga berharap semoga program ini sangat bermanfaat bagi anak-anak di nagarinya sehingga bisa memacu semangat mereka untuk menuntut ilmu dan melanjutkan sekolah mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Dan beliau juga berharap supaya kegiatan ini nantinya berkelanjutan di masa yang akan datang, tidak hanya sekali ini saja.

Program ini ternyata meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi anak-anak peserta program. Kebersamaan mereka terasa sangat indah meski hanya sehari saja. Ketika acara sudah selesai, ada peserta yang menangis saat tim Squad Until Jannah hendak kembali ke Solok. Kejadian tersebut nembuat haru peserta tim Squad Until Jannah.

sehari

Bagi tim Squad Until Jannah sendiri, mereka berharap apa yang mereka lakukan bisa memberi manfaat bagi anak-anak peserta program tersebut. Harapan tim Squad Until Jannah, semoga kelak anak- anak peserta program menjadi bersemangat dan terpacu untuk menuntut di masa mendatang. Dan juga dengan acara ini mereka bisa menjaga ukhuwah mereka sesama anggota tim. Aamiin.

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...