Sudahkah Bersyukur Hari ini…?

sudah
Ilustrasi. foto : Google

Sudahkah Bersyukur Hari ini…?

oleh : Fadli Noverius

Sebuah kisah inspiratif dari seorang bocah pencari rumput untuk menyambung hidupnya sekaligus membantu kedua orang tuanya.

Farhan, sebut saja namanya Farhan, bocah 10 tahun yang kesehariannya sebagai pengarit rumput untuk pakan kambing milik tetangganya. Farhan yang kerap disapa han tinggal bersama keluarganya disebuah desa kecil yang terletak tidak jauh dari kaki pegunungan gunung talang.

Farhan yang waktu itu masih duduk dibangku kelas 4 sekolah dasar memutuskan untuk berhenti sekolah karna terkendala oleh biaya. Sebagaimana ayah Farhan juga memiliki profesi yang sama hanya seorang pengarit rumput begitupun ibunya .Disinilah berawal dari kisah Farhan menjadi seorang bocah pengarit rumput.

Di awal kesehariannya Farhan bangun lebih awal untuk menyiapkan peralatan yang akan dibawa untuk mengarit rumput seperti mengasah arit dan menyiapkan karung. apabila matahari telah menerangi sebagian negeri seketika itu lah Farhan mulai berjalan menelusuri pematang sawah untuk mencari sedikit rumput. Mengarit rumput bukanlah perkara yang mudah, membutuhkan ketelatenan untuk perkerjaan tersebut demi menghindari goresan benda tajam seperti arit.

Ketika rumput yang sudah memenuhi karung maka Farhan beranjak pulang untuk diberikan kepada kambing milik tetangganya .

Dalam hal ini Farhan merawat kambing milik tetangganya yang nanti ketika dijual maka hasilnya akan dibagi dua.

Farhan hanya bocah 10 tahun bocah yang sudah merasakan kerasnya hidup ,sungguh sangat jauh berbeda dari bocah seumuran dia yang menghabiskan waktu untuk bermain.
Namun Farhan tetap tegar menjalani hidup yang ia alami , kata keluhan tak pernah keluar dari mulutnya karna dia tau dia bukanlah anak orang kaya yang hanya tau meminta menadahkan telapak tangan kepada kedua orang tua mereka.

Disini lah Farhan selalu besyukur. Karna Farhan mengetahui bagaimana kerasnya berjuang untuk bertahan hidup .

Begitulah sedikit kutipan keseharian Farhan dalam bertahan hidup bersama keluarganya. Mari kita ambil pelajaran untuk dibawakan kepada kehidupan kita saat ini.

Sudahkah kita bersyukur hari ini atas apa yang dilakukan farhan…?

Fenomena sperti ini sering kali kita jumpai, bahkan kita tidak pernah sadar ,kita yang selalu menyusahkan kedua orang tua, bahkan smpai ada yang melukai hati orang tua kita demi mendapatkan apa yg kita inginkan.

Sudahkah kita bersyukur hari ini atas apa yg telah kita miliki saat ini…?

Mari kita lihat orang orang yang berada di bawah kita yang begitu susah untuk mencari sesuap nasi. Harus bekerja pagi dan malam menahan teriknya panas mata hari dan dinginnya air hujan. Tapi mereka tak pernah mengeluh atas apa yg menimpa mereka.

Bersyukurlah kita karna ada diantara kita yang menerima upah walaupun tak pernah melihat teriknya matahari yang tak pernah basah karna hujan. Semoga bermanfaat

BACA JUGA :

Facebook Comments

loading...