Tumbuhkan Minat Siswa pada Bahasa Arab, MAN 2 Bukittinggi Gelar Rangking Satu

Tumbuhkan Minat Siswa pada Bahasa Arab, MAN 2 Bukittinggi Gelar Rangking Satu
Bukittinggi, SuhaNews – Melihat mulai berkurangnya minat siswa dalam menggunakan Bahasa Arab dalam keseharian, Kelompok Kerja Guru (KKG) Bahasa Arab MAN 2 Bukittinggi mengadakan lomba Rangking 1 antar kelas XI.  Lomba ini diadakan Sabtu (28/5 ) lalu. Lomba diadakan bertempat di mushalla MAN 2 Bukittinggi

Penyerahan piala dan pengumuman pemenang dilakukan seusai Upacara Bendera Senin (30/5) bertempat di Lapangan Upacara. Penyerahan Piala pemenang diberikan secara langsung oleh Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi Fadhlina Syarif, Wakil Kepala bidang Kesiswaan Nelma Hasni dan Ketua Kegiatan Asmira sebagai Guru Bahasa Arab. Dalam lomba tersebut Juara 1 diraih Imraatusshalihah kelas XI IPA 1, Juara 2  diraih Rizka Hanifa kelas XI IPK 1 dan Juara 3  diraih  Nazwa Rahmatul Arafah kelas XI IPA 1

Bahasa Arab sebagai sebuah bahasa wajib dipelajari umat Islam sebagai media untuk menggali ilmu – ilmu tentang Islam. Jika dibaca dari sejarahnya penggunaan Bahasa Arab sendiri mengalami pasang surut semenjak masa Jahiliah hingga saat ini. Perkembangan peradaban menuntut kita harus menggali Al Qur’an sebagai petunjuk kehidupan. Oleh karena itu seorang intelektual muslim mesti mampu menggunakan Bahasa Arab dalam kesehariannya. Hal ini seperti yang di ungkapkan Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi, Fadhlina Syarif.

Plt. Kepala MAN 2 Bukittinggi ini menyampaikan apresiasinya. “Alhamdulillah acara ini dapat berjalan lancar semoga kedepannya akan ada lagi lomba serupa dan tidak hanya antar kelas kalau bisa nantinya bisa antar madrasah. Berhasilnya acara ini berkat kerjasama guru Bahasa Arab yang solid di MAN 2 Bukittinggi. Semoga siswa semakin tertarik berbahasa Arab dalam kesehariannya. Apalagi kita madrasah tentu sudah seharusnya ini sebagai ciri khas kita,” ungkapnya.

Dalam kesempatan sesi wawancara tersebut kepala MAN 2 Bukittinggi sempat mengutip satu ayat Alquran pada surat yusuf, Allah berfirman tentang bahasa Arab agar kita lebih memahami Al-Qur’an. “Sesungguhnya, Alquran kami turunkan dengan bahasa arab agar kamu mengerti.”

BACA JUGA  Tim Nasyid Putri MAN 2 Bukittinggi Ikuti Gebyar Brawijaya Qur'ani Nasional ke VIII

“Keberadaan mayoritas guru Bahasa Arab kita yang sudah Strata 2 tentunya juga dapat menunjang kemampuan Bahasa Arab siswa. Saat ini MAN 2 Bukittinggi juga memiliki satu orang guru Bahasa Arab tamatan luar negeri. MAN 2 Bukittinggi juga mewadahi siswa untuk pendalaman Bahasa Arab melalui ekstra kurikuler”. Jelas Kepala Madrasah ini.

Hal senada juga disampaikan Nelma Hasni selaku waka kesiswaan. “Kami mendukung kegiatan positif ini untuk siswa. Jangan sampai siswa madrasah tidak fasih berbahasa Arab. Karena ciri khasnya madrasah tidak hanya mendalami berbagai cabang mata pelajaran PAI namun juga bahasa Arab. Apalagi kita umat muslim tentunya ini juga sudah merupakan kewajiban bagi kita semua. Semoga kedepannya akan banyak lagi lomba – lomba kreatif lainnya yang semakin meningkatkan motivasi siswa belajar Bahasa Arab ” Harap Nelma.

Asmira selaku Ketua  panitia Kegiatan menyampaikan ” Alhamdulillah kami berempat selaku guru Bahasa Arab di MAN 2 Bukittinggi bisa mengangkat acara Rangking Satu Bahasa Arab berjalan dengan baik.  Nama acara ini مسابقة الدرجة الاولى “Musabaqah addarajatul Uula”. Adapun Temanya ” Bahasa Arab asyik dan menarik”. Papar Asmira.

“Adapun tujuan acara musabaqah ini supaya dapat menumbuhkan minat dan semangat  siswa dalam mendalami bahasa Arab. Selain itu kami dapat mengetahui kemampuan siswa dalam berbahasa arab, “Ungkap guru Bahasa Arab lulusan UIN Padang ini. (Yuli/Yal)

Berita Terkait : 

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakKembalikan Icon, Pemko Solok Datangkan 3 Pasang Burung Belibis
Artikulli tjetërKetua Umum Dai’yat Parmusi, Fahira Idris Bertekad Mencetak Muslimah Tangguh dan Berilmu Di Seluruh Pelosok Negeri