Ketua TP-PKK Launching Pos Gizi Bebas Stunting Nagari Batu Banyak

Arosuka, SuhaNews – Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda launching Pos Gizi Bebas Stunting Nagari Batu Banyak, Kecamatan Lembang Jaya,  Selasa / 6 Desember 2022 di Posyandu Seroja 2, Nagari Batu Banyak.

Launching Pos Gizi ini dihadiri oleh Wali Nagari Batu Banyak Viva Martha, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Kabid Kesmas Darniyenti Elvita SKM, MKM., Wali Nagari se-Kecamatan Lembang Jaya, – Ketua TP-PKK Kecamatan Lembang Jaya  dan Ketua TP-PKK Nagari se-Kecamatan Lembang Jaya.

Baca juga: Tim Penilai Gerakan PKK Sumbar Nilai TP-PKK Tanah Garam, Kota Solok

Wali Nagari Batu Banyak Viva Martha menyampaikan rasa syukurnya karena di Nagari Batu Banyak terjadi penurunan stunting sebanyak 21 orang.

“Tahun lalu angka stunting berjumlah sekitar 45 orang, sekarang berkurang sebanyak 21 orang,” ujar Viva Martha.

Mudah-mudahn dengan launching pos gizi ini, jelas Viva Martha, kasus stunting di Nagari Batu Banyak nol kasus.

Kabid Kesmas Dinkes Darniyenti Elvita mengatakan  di Kabupaten Solok program penurunan kasus stunting sudah memasuki tahun keempat.  Untuk itu segera dituntaskan masalah stunting, dengan harapan zero stunting.

“Terima kasih kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Solok yang mendukung penuh upaya percepatan penurunan stunting,” ujar Darniyenti Elvita.

ketuaDalam menu pos gizi kali ini, jelas Darniyenti Elvita, lebih mengutamakan pangan lokal, tidak perlu mahal, tidak perlu daging ataupun ayam, cukup dengan olahan pangan lokal yang kita modifikasi baik dari segi kalori, seperti beras, kentang dan protein dari ikan.

“Sekarang ada 3 pos gizi yang dilanching yaitu, Pos Gizi Batu Banyak Sehat Ceria, Pos Gizi Batu Banyak Bebas Stunting dan Pos Gizi Batu Banyak Cegah Stunting,” jelas Darniyenti Elvita.

BACA JUGA  Bupati Solok Buka Jambore Kader PKK berprestasi Tahun 2022

PKK Nagari Batu Banyak dan Puskesmas Lembang Jaya tambah Darniyenti Elvita, tetap melaksanakan pemantaun terhadap tumbuh kembang balita di daerah ini.

Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda mengatakan bahwa Pos Gizi merupakan pelayanan yang dilakukan di Posyandu dengan melakukan penimbangan dan pengukuran tinggi badan balita.

“Kami mengharapkan pos gizi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam melihat pertumbuhan dan perkembangan balita di Nagari Batu Banyak sehingga upaya kita dalam menurunkan angka stunting dapat terlaksana,” ujar Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

tuaPos gizi juga sangat bermanfaat bagi masyarakat yang memiliki balita bermasalah. Diharapkan masyarakat agar rutin melakukan aktivitas di pos gizi sehingga balita yang bermasalah dapat dipantau tumbuhkembangna dengan baik terutama dari asupan gizi dan kesehatan balita tersebut.

“Kami harapkan ada sinergitas dari Pemerintahan Nagari, Kecamatan dan Kabupaten dan TP PKK untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Solok,” tambah Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda.

Dengan adanya kegiatan pos gizi ini, jelas Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda, diharapkan derajat kesehatan masyarakat Batu Banyak bisa meningkat.

“Derajat kesehatan masyarakat akan meningkat, apabila semua komponen  masyarakat, pemerintah daerah, pemerintah nagari dan organisasi kemasyarakatan berperan serta dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan,” jelas Ny. Hj. Emiko Epyardi Asda. (Wewe)

Baca juga: Ketua TP PKK Kabupaten Solok Resmikan Pos Gizi Cinto Sehat di Aia Luo

Facebook Comments

- Advertisement -
- Advertisement -