Basmi Hama Tikus, Walinagari Panyakalan Pimpin Buru Mancik

Basmi Hama Tikus, Walinagari Panyakalan Pimpin Buru Mancik
Panyakalan, SuhaNews – Untuk membasmi hama tikus yang merugikan petani karena merusak tanaman terutama padi, Wali Nagari Panyakalan Agus Evatra Dt Bandaro Kayo memimpin kegiatan baburu mancik pada Minggu (31/7).

Ikut serta Bhabinkantibmas Nagari Panyakalan Bripka M. Akbar Reno. Perangkat nagari, organisasi Pemuda Nagari dan pemuda Jorong LPMN, Mahasiswa KKN Unand serta masyarakat penggarap dan pemilik lahan di sekitar areal persawahan Jorong Pakan Sabtu dan Mudiek Aie.

Bripka Reno kepada media menyampaikan apresiasinya terkait kegiatan membasmi hama tikus yang dilakukan secara bergotong royong dengan melibatkan semua usur.

” Alhamdulillah untuk kegiatan hari ini cukup bagus dan kita lihat keikutsertaan masyarakat juga cukup rame, dan hasil yang dicapai cukup banyak tikus yang berhasil kita basmi semoga kedepannya hasil pertanian masyarakat bisa meningkat” ucap Bripka Reno.

Wali Nagari kepada media menyatakan bahwa kegiatan berburu tikus ini merupakan lanjutan dan kegiatan sebelumnya yang digagas oleh pemuda nagari.

” Kita menjawab keresahan masyarakat pada musim tanam sebelumnya banyak mengalami gagal panen yang salah satunya akibat serangan tikus, makanya sebelum memasuki musim tanam kegiatan ini intens kita lakukan dengan melibatkan semua unsur” ucap Wali.

” Melihat antusiasme masyarakat patut kita banggakan mulai dari persiapan alat yang dibantu mahasiswa KKN Unand, begitu juga keterlibatan ibu ibu dalam menyediakan snack dan makan siang ditambah dukungan dari Bhabinsa dan Bhabinkantibmas serta anak anak yang juga tidak kalah semangatnya hal ini tentu saja menjadi nilai tersendiri dalam giat hari ini” ditambahkan Wali Nagari.

Ungkapan terimaksih juga disampaikan oleh salah seorang petani Susyendri yang ikut serta dalam baburu mancik hari itu.

BACA JUGA  Zakat Fitrah di Pasaman, Beras Kwalitas 1, 36 Ribu Rupiah

” Selaku petani kami mewakili kawan kawan tani lainnya mengucapkan terimaksih kepada Pak Wali dan jajaranya atas perhatian dan juga ikut membantu kami dalam mengatasi hama tikus ini” ucapnya.

” Pada musim tanam tahun lalu hasil panen kami sangat berkurang selain kondisi lahan yang kering akibat kemarau tikus juga menyerang tanaman kami, bahkan benih padi yang baru disemai sudah dimakan tikus, hal ini sangat merugikan kami masyarakat tani” ujarnya. Oca

Berita Terkait :

Facebook Comments

loading...
Artikulli paraprakRibuan Bendera Merah Putih Dibagikan ke Pengendara
Artikulli tjetërPAI Kota Padang Panjang Lakukan Penyuluhan di BLK